Berdayakan Petani, BRI Metro Gelar Pelatihan

  • Whatsapp
Pemberdayaan dan pelatihan letani Holtikultura oleh BRI Cabang Metro - Foto Ist/mlo

Medialampung.co.id – Dalam rangka pemberdayaan pangan di masyarakat terdampak Covid-19, BRI Cabang Metro menggelar Pemberdayaan dan Pelatihan Pertanian Hortikultura Cluster Sayur Mayur di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, pada Kamis (11/6).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pimpinan Cabang BRI Metro Bhakti Agung Siswanto didampingi Manager Pemasaran Mikro Muhammad Ischak, Camat Metro Utara, Lurah Karang Rejo, Kapolres Metro Utara, perwakilan Koramil, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), kelompok tani dan petani.

Bacaan Lainnya



Diungkapkan Pimpinan Cabang BRI Metro Bhakti Agung Siswanto, acara ini kelanjutan dari kegiatan BRI Cabang Metro beberapa waktu lalu memberikan CSR berupa sarana pertanian pada kelompok tani di Karang Rejo, baik pupuk, bibit dan alat untuk usaha sayur mayur.

“Kita mengajak PPL untuk pelatihan, dan memberdayakan petani. Karena mereka selama ini dari pengolahan pertanian, tapi sering bingung ketika hendak memasarkan hasil pertaniannya,” tuturnya, Kamis (11/6).

Untuk itu, pihaknya mengajak para petani sayur ini masuk ke e-Pasar, yang merupakan komonitas para nasabah BRI.

“Disitu petani dapat transaksi jual beli produk yang berbeda jenisnya, misal dari Bandarlampung butuh sayur dari Metro tinggal transaksi begitupun sebaliknya,” tambahnya.

Yang mana, menurut Agung, kegiatan ini mengumpulkan para petani, namun dikarenakan sedang Pandemi Covid-19 sehingga jumlahnya terbatas.

“Untuk petani ada 25 orang, ada Pak Camat, Lurah, Kapolres, Danramil, PPL dan Kelompok Tani,” ungkapnya.

Kegiatan ini sendiri menurutnya dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan pangan di masyarakat terdampak Covid-19.

“Harapan kami pertama petani paham kita punya pemasaran yang bisa dilakukan, kedua kalau butuh perolehan maksimal kita ikutkan PPL dan ketiga penampung ke masyarakat kita ajak pemda, seperti camat dapat menjadi penghubung masyarakat ke Pemkot Metro,” pungkasnya.

Dimana selain pelatihan, pada kesempatan yang sama juga berlangsung kegiatan panen raya sayur mayur.(pip/mlo)



Pos terkait