Berharap Majelis MK Terima Eksepsi KPU Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah selesai mengikuti sidang pembuktian perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat (Pesbar) tahun 2020 dengan pemohon Perkara No.39/PHP.BUP-XIX/2021, yakni pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Aria Lukita Budiwan dan Erlina yang digelar Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (24/2) lalu.

Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar masih menunggu proses sidang lanjutan dengan agenda pengucapan putusan/ketetapan perkara PHP Bupati dan Wakil Bupati Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Dijadwalkan tanggal 19-24 Maret 2021 nanti baru ada putusan majelis di MK, untuk itu mudah-mudahan dalam putusannya nanti sesuai dengan harapan kami,” kata Ketua KPU Pesbar, Marlini, Jumat (26/2).

Menurutnya, KPU Pesbar berharap majelis di MK dapat menerima eksepsi dari KPU setempat dalam sidang putusan mendatang. Eksepsi itu ada tiga poin antara lain menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya. Kemudian, menyatakan benar dan tetap berlaku keputusan KPU Kabupaten Pesbar Nomor : 395/PL.02.6-Kpt/1813/KPU-Kab/XII/2020, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesbar tahun 2020, tertanggal 15 Desember 2020 pukul 18.00 WIB.

Sedangkan yang terakhir yakni menetapkan perolehan suara hasil pemilihan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Pesbar tahun 2020 yang benar antara lain paslon nomor urut 1 Pieter-Fahrurrai dengan perolehan 12.381 suara, paslon nomor urut 2 Aria Lukita Budiwan-Erlina dengan perolehan 35.353 suara dan paslon nomor urut 3 Agus Istiqlal-A.Zulqoini Syarif dengan perolehan 41.234 suara.

“Mudah-mudahan semua eksepsi dari KPU Pesbar itu bisa menjadi pertimbangan bagi Majelis di MK yang menjadi harapan dari KPU Pesbar,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam sidang pembuktian di MK sebelumnya yang menghadirkan sejumlah saksi dan pihak terkait lainnya semua berjalan lancar dan tidak ada kendala. KPU Pesbar telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan koridor dan aturan yang berlaku. Untuk itu, dirinya berharap hasil persidangan mendatang sesuai dengan harapan bersama.

“Yang jelas semua putusan persidangan perkara PHP Bupati-Wakil Bupati Pesbar nanti akan dibacakan oleh Majelis MK, sehingga setelah pembacaan putusan itu maka persidangan selesai,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait