Beri Edukasi Mitigasi Bencana, Tagana Provinsi Lampung Sambangi Lima Sekolah dan Pesantren

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Lampung menggelar edukasi mitigasi bencana kepada kalangan pelajar melalui Tagana Masuk Sekolah (TMS), dengan menyasar lima sekolah dan pesantren yang ada di Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, Selasa (7/9).

Anggota Tagana Provinsi Lampung Wilayah Lambar Jefri Ardiansyah mendampingi Korwil Korwil Tagana wilayah Lambar Ari Wibowo mengungkapkan, TMS dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang bencana alam maupun bencana sosial kepada pelajar mulai sekolah dasar (SD) sederajat sampai tingkatan sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

Bacaan Lainnya

“Dalam kegiatan TMS ini sasaran utama adalah anak-anak sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai menengah atas. Dalam kegiatan TMS ini kami memberikan pemahaman tentang apa itu bencana, mulai dari Pra-bencana dan pasca bencana. Pengenalan bencana pada siswa karena anak-anak yang paling berisiko menjadi korban saat bencana,” ungkap Jefri. 

Lanjut Jefri, wilayah Lambar mempunyai potensi bencana yang cukup besar, maka materi dalam mitigasi bencana yang dilaksanakan ini cukup relevan dalam kondisi saat ini, karena bencana setiap saat akan terjadi.

Selama kegiatan tersebut, sambung Jefri, anggota Tagana antara lain membekali pelajar dengan pengetahuan mengenai tanda petunjuk jalur evakuasi, pengenalan simbol bahaya serta pengorganisasian penanggulangan bencana di satuan pendidikan.

”Dengan materi dan simulasi itu diharapkan menjadi pengetahuan dan pembekalan kepada para guru dan juga anak-anak pelajar yang ada di Lambar,” pungkas pria yang juga menjabat Pria yang juga menjabat Sekretaris Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Lambar tersebut. (nop/mlo)


Pos terkait