Beri Pengetahuan Pentingnya Wirausaha, UM Metro Gelar Pelatihan

  • Whatsapp
UM Metro gelar pelatihan dengan Remaja Panti Asuhan Tama'ninah Yasin - Foto Ist/mlo

Medialampung.co.id – Beri pengetahuan pentingnya berwirausaha mandiri di era revolusi industri 4.0 kepada kelompok Remaja Panti Asuhan, Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) gelar pelatihan Pembuatan Wall Decoration Kain Flanel dan Online Marketing sebagai bekal wirausaha mandiri.

Acara yang bertempat di Panti Asuhan Tama’ninah Yasin tersebut diikuti oleh remaja Panti Asuhan tersebut, dan dihadiri oleh Dosen Pendidikan Matematika UM Metro Nurul Farida, M.Pd., Dosen Pendidikan Ekonomi Lilian Mega Puri,M.Pd. dan Dosen Pendidikan Ekonomi Triani Ratnawuri, M.Pd.

Bacaan Lainnya



Diungkapkan Nurul Farida, pembuatan wall decoration (hiasan dinding) dengan kain flanel sangat mudah sekali dilakukan. Dalam pembuatannya pun tidak memerlukan waktu yang lama. 

“Kelebihan kain flanel adalah mudah dijumpai di pasaran dan dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan tampilan yang warna-warni membuat kain flanel lebih menarik untuk dibuat kreasi produk kerajinan yang bernilai jual,” terangnya.

Dengan harga yang terjangkau memungkinkan berwirausaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Selain itu,  wall decoration, kelebihan kain flanel dapat dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang lain seperti gantungan kunci, bunga, tali gorden, dan masih banyak yang lainnya. 

“Kita harapkan dengan pelatihan ini Kelompok Mitra memiliki pengetahuan pentingnya berwirausaha mandiri di era revolusi industri 4.0, kemudian Kelompok Mitra memiliki pengetahuan dan kemampuan  dalam membuat hiasan dinding (wall decoration) kain flanel, serta Kelompok Mitra memiliki keterampilan dalam menjual kerajinan wall decoration dari kain flanel secara online,” ucapnya.

Sementara, dalam pelatihannya Lilian Mega Puri, menuturkan Pelatihan Online Marketing bisa membawa dampak besar terhadap masyarakat di masa ini.  Karena jejaring sosial bisa menumbuhkan berbagai kreatifitas baru dan juga dijadikan tempat untuk menghasilkan uang. 

“Setiap orang yang memiliki kreatifitas seperti membuat handmade wall decoration dari kain flanel akan dengan bebas dan sangat mudah menjual produk-produk yg dihasilkan,” ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan online marketing ini tentunya diharapkan masyarakat semakin mahir menggunakan jejaring sosial untuk kegiatan yang positif.

Sedangkan Triani Ratnawuri menuturkan, Berwirausaha merupakan penerapan dari kreativitas dan inovasi seseorang dalam melakukan suatu usaha, dengan harapan dapat menjadi bekal hidup terutama bagi anak-anak panti asuhan. Di tengah pandemi, berwirausaha menjadi bagian dari kehidupan modern yang tak terpisahkan. 

“Wirausaha harus memiliki kepandaian untuk mengenali produk baru yang akan dikembangkan. Menjadi wirausahawan bukanlah sekedar penjual namun wirausahawan sebagai kreator atau inovator kegiatan usaha,” ucapnya.

Terpisah Nurhayati peserta pelatihan, menuturkan sangat senang sekali ada pelatihan seperti ini.

“Sebelumnya sudah pernah diadakan pelatihan pembuatan bunga dan lain-lain. Tapi untuk pembuatan hiasan dinding ini baru pertama kali dilakukan. Terlebih ada pelatihan penjualan secara online juga,” jelasnya.(pip/mlo)



Pos terkait