Berkunjung ke Pesawaran, Sudin Serahkan 200 Ribu Bibit Kakao

Medialampung.co.id – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyerahkan bantuan 200 ribu bibit kakao kepada petani di Kabupaten Pesawaran.

Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh Sudin di Balai Benih Utama (BBU) Hortipark Desa Negeri Sakti, Gedongtataan, Sabtu (18/9).

Bacaan Lainnya


“Dari urusan vaksin, sembako, pencemaran limbah di laut hingga kopi turut menjadi tanggungjawab saya. Insya Allah 2022 kami akan anggarkan lagi untuk tempat pembibitan kakao di Pesawaran,” ungkap Sudin.

Untuk itu Sudin berharap agar para petani benar benar menjaga dan merawat dengan baik tanaman kakao yang diberikan. Sehingga dapat bermanfaat nantinya bagi kesejahteraan para petani. 

“Selain bibit ada juga bantuan juga dryer 20 unit. Selain itu yang paling penting para petani di Pesawaran segera mendapatkan vaksin. Nah, tolong bantuan bibit kakao dijaga dengan baik dan insya Allah akan menghasilkan yang baik,” ucapnya.

Sementara Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menambahkan bantuan bibit kakao dari aspirasi Anggota DPR RI merupakan bentuk nyata kegiatan Ketua Komisi IV DPR- RI Sudin turun ke lapangan untuk peningkatan ekstensifikasi tanaman kakao. 

“Hari ini ada 200 ribu bibit kakao bantuan dari aspirasi pak Sudin. Ini adalah stimulus dan titik balik petani kakao. Dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan ekstensifikasi tanaman kakao.Kita akan laporkan secara berkala, berapa tingkat kegagalan dan kendala kendala di lapangan. Saya minta kepada pera penyuluh agar kebun kakao berhasil,” ucapnya.

Selain itu Dendi berharap selain bantuan bibit kakao, para petani  mendapat bantuan dana pendamping dari pemerintah. Dimana dari 200 ribu bibit kakao tersebut dibagi kepada 13 kelompok tani dan 143 petani tersebar di 11 kecamatan. 

“Jangan khawatir para petani, nanti kakao akan dibeli oleh pak Tjandra dengan harga tinggi. Baik itu kakao asalan maupun yang sudah difermentasi.Orang yang memikirkan pertanian di Lampung dan khus hpusnya Pesawaran adalah bapak Sudin,” pungkasnya.(ozi/mlo)


Pos terkait