Bermodal Ban Bekas, Pekon Pampangan Hiasi Lingkungan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kreatif dan inovatif, mungkin istilah itu layak disematkan kepada masyarakat Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Dengan memanfaatkan ban mobil bekas, masyarakat setempat dibawah komando aparatur pemerintahan pekon menyulapnya menjadi hiasan yang mempercantik lingkungan.

Ban-ban mobil bekas tersebut ditanam dipinggiran jalan, kemudian di cat dengan beragam warna, yang berfungsi bukan saja sebagai pembatas bahu jalan, namun juga sebagai penghias yang menambah keindahan lingkungan. Bahkan hiasan ban tersebut dibuat hingga ke dalam lingkungan kantor kecamatan sehingga memunculkan daya tarik tersendiri.

Peratin Agung Imam Prasetyo mengatakan, pemasangan ban-ban bekas tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab Lambar yang telah membangun ruas jalan antar kecamatan tersebut dan kini sudah sangat mulus.

Namun, dibalik apresiasi tersebut tujuan lain pemasangan ban bekas yang dihias itu untuk mendukung status Pekon Pampangan sebagai pekon layak anak, untuk mewujudkan kabupaten layak anak, juga sebagai pekon sadar wisata sekaligus satu kesatuan dengan keberadaan wisata Curup Tresno di pekon tersebut. “Dari pada ban bekas ini hanya dibuang atau menjadi sampah, tetunya lebih baik kita manfaatkan untuk hal yang lebih berguna,” terang peratin yang juga memiliki darah seniman tersebut.

Pada kesempatan itu Agung menyampaikan terimakasih atas dukungan dan dorongan dari semua pihak, khususnya kepada jajaran aparatur Pekon Pampangan dalam cita-cita membangun pekon itu menjadi Pekon Habat dan Sejahtera. (ius/mlo)



Pos terkait