Bersama OPD Terkait, Akmal Tinjau Tiga Titik Longsor 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat melakukan peninjauan di tiga titik longsor di wilayah kecamatan setempat, Kamis (7/5).

Tiga lokasi longsor tersebut yaitu di Lingkungan Jatimulyo dan Lingkungan Heru, Kelurahan Pasarliwa serta satu titik di wilayah Pemangku Kotahara, Pekon Sukarame, kecamatan setempat. 

Bacaan Lainnya



Camat Balikbukit Drs Akmal Hakim menerangkan, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan pihaknya bersama OPD terkait tersebut, ketiga titik longsor itu telah masuk dalam skala prioritas penanganan. Terutama di lingkungan Jatimulyo, kelurahan Pasarliwa yang telah mengancam keberadaan pemukiman warga.

“Tiga titik longsor itu bukan bencana yang baru saja terjadi, akan tetapi sudah lama hanya saja kondisinya semakin parah akibat tingginya curah hujan melanda wilayah kita sejak beberapa pekan terakhir,” terangnya.

Pihaknya, mengimbau masyarakat agar selalu waspada terutama yang berada tidak jauh dari lokasi longsor seperti di lingkungan Jatimulyo agar sementara dapat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Seperti yang disampaikan pak Bupati sebelumnya untuk rumah yang berdekatan dengan lokasi tanah longsor agar berhati-hati dan selalu waspada, dengan adanya perubahan pergerakan tanah yang terjadi warga diminta mengungsi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Untuk penanganan dipastikan dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Begitupun dengan penanganan longsor di dua titik lainnya, melalui Dinas PUPR dan BPBD telah dilakukan koordinasi dan upaya penanganan akan dilakukan secepatnya untuk mengantisipasi dampak kerusakan yang lebih parah.

“Tadi untuk di dua titik lainya juga sudah dibahas dan segera di upayakan penanganan darurat, mudah-mudahan segera terealisasi karena kondisi cuaca saat ini kemungkinan longsor bisa saja bertambah hingga ke badan jalan dan mengancam putusnya akses jalan,” imbuhnya.

Untuk sementara, pihaknya telah memerintahkan aparat pekon dan kelurahan agar memasang rambu–rambu untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan terutama saat melintas di malam hari.(edi/mlo)



Pos terkait