Bersama Warga, Pemerintah Kampung Gistang Gelar Aksi Donor Darah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Informasi mengenai kerap terjadinya kekosongan stok darah di RSUD ZAPA Waykanan dan PMI setempat ternyata mendapatkan perhatian dari banyak pihak. 

Tak terkecuali Pemerintah Kampung Gistang, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Waykanan. Bersama warga, aparat kampung setempat menggelar aksi donor darah guna mendukung penuh kebutuhan dan ketersediaan stok darah di Kabupaten Waykanan, terutama selama pandemi Covid-19. 

Bacaan Lainnya



“Aksi donor darah ini yang dilakukan di balai Kampung Gistang ini diinisiasi oleh Lembaga Musyawarah Kampung (LMK) dan Pemerintah Kampung Gistang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Waykanan, yang hasilnya nanti akan kami sumbangkan ke PMI dan RSUD ZAPA guna membantu masyarakat yang membutuhkannya,” tegas Kepala Kampung Gistang, Cik Agus. 

Diluar dugaan, ternyata banyak masyarakat yang dengan duka rela melakukan donor darah. Terpantau, Puluhan masyarakat Kampung Gistang antusias mengikuti tersebut sejak pendaftaran dibuka. 

Antusiasme warga yang mendonor darah tersebut mendapatkan apresiasi dari Camat Umpu Semenguk, Satria Nasir dan Sekretaris PMI Waykanan, Yoni Alisetiadi, 

“Ini benar-benar kolaborasi yang sangat baik antara Pemerintah Kampung Gistang, PMI Waykanan dan Masyarakat Kampung Gistang, Karena memang saat ini kebutuhan stok darah di Kabupaten Waykanan mengalami peningkatan saat masa pandemi Covid-19,” ujar Camat Satria Nasir saat memantau aksi donor darah tersebut. 

“Inilah, yang diharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat ikut sertakan mendonorkan darahnya, khususnya bagi yang sehat dan untuk yang membutuhkan,” imbuhnya. 

Dia pun mengingatkan agar masyarakat yang hendak berdonor tidak perlu khawatir, jika disiplin secara rutin justru hal itu sangat menyehatkan.

Dalam pelaksanaannya sendiri, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak), baik bagi pendonor maupun pihak penyelenggara dengan membagi waktu dan menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan, sehingga dapat mencegah penularan Covid-19. 

“Jadi aksi donor darah ini mencerminkan bagian sosok pejuang kemanusiaan dengan jasa yang luar biasa besar dan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan, Semoga ini menjadi nilai baik dalam membantu seksama bagi warga yang membutuhkan,” harapnya.(wk1/mlo)



Pos terkait