Bersumber dari APBN, Lambar Dapat Bantuan Bibit untuk Tiga Komoditas

  • Whatsapp
Kabid Hortikultura DTPH Lambar, Patoni, S.H

Medialampung.co.id – Bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun 2021, Kabupaten Lambar tahun ini mendapatkan bantuan untuk tiga komoditas yaitu bibit cabai, pisang, dan bawang merah untuk luas lahan 80 hektar (Ha).

“Ada tujuh kelompok tani dan gabungan kelompok tani  yang mendapatkan bantuan bibit berikut pupuk,” ungkap Kabid Hortikultura Patoni, S.H mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Rusdi, Rabu (9/6).

Bacaan Lainnya


Ia menjelaskan, bantuan bibit cabai keriting dialokasikan untuk 25 Ha, rinciannya Gapoktan Serumpun Mandiri Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balikbukit 15 Ha, dan Gapoktan Setia Kawan Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau 10 Ha.

“Untuk lahan 25 hektar itu diberikan bibit cabai sebanyak 165 sachet serta pupuk organik Bio Intan dan Humat Pro serta mulsa 150  rol. Saat ini prosesnya sebagian Gapoktan sedang melakukan pengolahan tanah,” kata dia.

Kemudian, bantuan bibit pisang jenis barangan merah untuk lahan seluas 40 Ha yang tersebar di empat kecamatan yaitu Poktan Jejawi Mandiri Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit  10 Ha, Poktan Barokah Jaya Pekon Margajaya Kecamatan Pagardewa 10 Ha, Poktan Marga Tani Pekon Pahayujaya Kecamatan Pagardewa 10 Ha, serta Poktan Sinarbaru Pekon Sukamakmur Kecamatan Belalau 10 Ha.

“Untuk bantuan bibit pisang ini kita masih menunggu pendistribusian dari Pemerintah Provinsi, selain bibit, Poktan juga mendapatkan bantuan pupuk organik NPK sebanyak 20.000 Kg dan pupuk organik  sebanyak 19.000 Kg,” kata dia 

Lebih jauh Patoni mengatakan, bibit bawang merah akan dialokasikan untuk Poktan Bina Mandiri Kecamatan Lumbokseminung seluas 15 Ha berikut pupuk organik sebanyak 2.250 Kg.  “Khusus bawang merah 15 Ha berlokasi di Kecamatan Lumbokseminung karena kondisi geografis daerah itu cocok untuk pengembangan komoditas bawang merah, dan saat ini kita masih menunggu pendistribusian bibit dari Pemprov,” bebernya  

Patoni berharap dengan adanya bantuan tiga komoditas hortikultura ini diharapkan produksi tanaman hortikultura khususnya cabai, pisang dan bawang di Kabupaten Lambar meningkat sehingga penghasilan para petani akan meningkat. (lus/mlo)




Pos terkait