Bersumber dari Provinsi, Lambar akan Terima Bantuan Benih Kedelai

Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta Saragi

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini akan mendapatkan bantuan benih kedelai untuk lahan seluas 150 hektar dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Lampung. 

“Kalau tahun lalu, Lampung Barat mendapatkan bantuan benih kedelai untuk lahan seluas 300 hektar namun tahun ini hanya untuk 150 hektar,” tegas Kabid Tanaman Pangan Onni Violetta Saragi mendampingi Kepala DTPH Ir. Rusdi, Kamis (14/1).

Bacaan Lainnya

Kata dia, bantuan benih kedelai untuk lahan seluas 150 hektar itu akan dialokasikan untuk empat kelompok tani di Kecamatan Batubrak dan dua kelompok tani di Kecamatan Suoh.

“Budidaya tanaman kedelai hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan jadi waktunya tidak terlalu lama. Tujuan dialokasikannya bantuan kedelai ini untuk meningkatkan pendapatan petani dan membantu memenuhi kebutuhan pembuatan tempe di Lambar,” kata Onni

Menurut dia, tanaman kedelai merupakan tanaman yang cocok ditanam oleh petani di Kabupaten Lambar, produksinya cukup baik dan menjadi salah satu sumber pendapatan tambahan bagi petani. 

Selain itu tidak perlu lahan baru untuk menanam kedelai, karena sasaran dari program ini adalah petani kopi, sehingga bisa melakukan penanaman dengan cara tumpang sari.

“Selama ini hasilnya lumayan, bahkan petani berterimakasih karena hasil kedelai menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan bagi petani,” tandasnya.(lus/mlo)

Pos terkait