Bertahun-Tahun Dinanti, Pancurmas Segera Terakses Jaringan Internet 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga Pekon Pancurmas, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat nampak antusias menyambut pemasangan tower Base Transceiver Station (BTS) untuk mengatasi persoalan minimnya akses jaringan telekomunikasi (Blank Spot Area) di wilayah setempat.

Antusiasme warga itu terlihat dari proses pengangkutan peralatan tower BTS tersebut menggunakan sepeda motor dengan melintasi akses jalan yang terjal dan hanya dapat dilalui kendaraan roda dua.

Bacaan Lainnya


Peratin Pancurmas Dadang Ermayadi, mengungkapkan, keterbatasan akses jalan membuat proses pendistribusian peralatan tower BTS tersebut harus diangkut menggunakan sepeda motor. kendati begitu, hal tersebut tidak mengurangi semangat warga untuk memastikan seluruh peralatan tersebut sampai ke titik lokasi pembangunan. 

“Hari ini peralatannya mulai kami angkut menggunakan sepeda motor, prosesnya memang cukup sulit karena namanya pakai sepeda motor, tapi mudah-mudahan berjalan lancar sampai seluruh peralatan tiba di lokasi,” kata Dadang. 

Menurutnya, sudah sangat wajar ketika masyarakat memberikan respon yang luar biasa dalam menyambut pemasangan tower tersebut,  sebab sejak beberapa tahun lalu salah satu pekon terpencil di bumi beguai jejama sai betik ini selain kerap dihadapkan dengan minimnya infrastruktur juga kesulitan dalam mengakses jaringan seluler dan internet di tengah era digitalisasi saat ini.

“Selama ini kalau mau mencari sinyal, warga harus ke bukit yang ada di wilayah Pemangku Mekarjaya dan jaraknya sekitar 2,5 Kilometer dari rumah. Jadi kalau ada penting, mau tidak mau kita harus mendaki ke bukit sana. Hingga saat ini warga masih kesulitan untuk mengakses jaringan internetnya berstatus blank spot atau tidak ada sinyal dalam komunikasi,” kata dia.

Terkait itu, sebelumnya, pihaknya telah mengusulkan pembangunan tower pada tahun 2019 lalu dan tim pemerintah pusat bersama Dinas Kominfo telah melakukan peninjauan kelapangan dan kini akhirnya terealisasi. 

“Alhamdulillah terimakasih pada pemerintah pusat, dan pemerintah daerah semoga dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar untuk menjalin komunikasi dan mengakses dunia luar ini dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat di era digitalisasi saat ini,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Tower BTS di Pekon Pancurmas Kecamatan Lumbok Seminung segera dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kepala Diskominfo Lambar Padang Prio Utomo, S.H., mengungkapkan, pembangunan BTS atau menara telekomunikasi di Pekon Pancurmas tersebut, menjadi salah satu pokok pembahasan berita terkait bersama BAKTI selaku perwakilan Kementerian Kominfo RI melalui Zoom Meeting beberapa waktu lalu.

”Bantuan menara telekomunikasi ini sudah dalam tahap pengiriman material pembangunan diharapkan akhir tahun ini dapat beroperasi sebaik mungkin, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan untuk menggunakan telekomunikasi,” ungkap Padang.

Dijelaskannya, tujuan diadakannya pembangunan menara telekomunikasi ini untuk mengembangkan jaringan Komunikasi kepada Wilayah yang tidak terdapat Sinyal Telekomunikasi (Blank Spot Area). Pembangunan tersebut menjadi salah satu usulan prioritas  yang disampaikan pemerintah daerah, yang berawal dari usulan masyarakat. (edi/mlo)




Pos terkait