Besok Bansos Covid-19 Pemkot Metro Cair, Ini Mekanisme Pencairannya

  • Whatsapp
Dinsos Kota Metro. foto pip/mlo

Medialampung.co.id – Kabar gembira untuk masyarakat Kota Metro, besok (14/5) bantuan Bantuan Sosial (Bansos) masyarakat terdampak Covid-19 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro cair.

Bantuan dengan total Rp 4,4 Miliar tersebut, disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara bertahap,”Ya besok mulai disalurkan Bansos dari Pemkot Metro,”ucar Kepala Dinas Sosial Kota Metro Suwandi, saat dihubungi medialampung.co.id, Rabu (13/5).

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, bantuan tersebut menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro yang langsung di transfer ke BRI.

“Anggarannya tidak di dinsos, jadi BPKAD mentransfer ke BRI, nanti BRI akan mentransfer Bansos tersebut ke calon penerimanya yang sudah dilakukan pendataan,”ungkapnya.

Penyaluran sendiri dilakukan secara bertahap, dimana untuk Besok (14/5) Kelurahan Purwosari dan Purwoasri yang mengambil bansos di BRI,”Gak serentak, nanti akan muncul data dari kelurahan, baru kita buat SK Wali Kota baru di krim ke BRI untuk dibukakan rekening,”ujarnya.

Menurut Suwandi, sampai saat ini data dari 22 Kelurahan di Bumi Sai Wawai telah hampir rampung dan tinggal menunggu penetapan SK Wali Kota,”Pokoknya setiap data masuk langsung kita kirim untuk penetapan SKnya,”ujar Wandi.

Jumlah penerima Bansos Pemkot Metro sendiri, menurutnya ada sekitar 3400 Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima uang sebesar Rp 400 ribu setiap bulan selama tiga bulan kedepan.

“Transfernya setiap bulan, jadi besok penerima dari dua kelurahan tersebut terima untuk satu bukan atau Rp 400 ribu di BRI Unit Sudirman. Penerimaannya terjadwal bertahap, kita tetap menjalankan protokol kesehatan,”ungkapnya. 

Namun dirinya, tetap akan berkoordinasi dengan BRI lagi mengenai penyalurannya,”Ya tetap kita tunggu info dari BRI lagi apakah benar siap besok, takut ada penundaan kembali,”ungkapnya.(pip/mlo)



Pos terkait