Besok, BKP Gelar Bimtek Calon Eksportir Kopi di Sekolah Kopi 

  • Whatsapp
15-15 Marley Coffee Jamaica Blue Mountain

Medialampung.co.id – Balai Karantina Pertanian (BKP) Lampung bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar akan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) calon eksportir kopi di Sekolah Kopi Kecamatan Sumberjaya pada Senin (5/4).

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P., M.P., mendampingi Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran mengungkapkan, Bimtek calon eksportir tersebut selain dilakukan pertemuan tatap muka secara langsung juga melalui Zoom Meeting

Bacaan Lainnya


Ia menjelaskan, narasumber kegiatan Bimtek tersebut yaitu Kepala Balai Karantina Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Seksi Pelayanan Bea Cukai Lampung Didik Hariyanto, dan Kabid Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Dra. Ratna Meliasari, M.M. 

“Peserta bimbingan teknis calon eksportir ini sebanyak 25 orang yang memiliki usaha perdagangan kopi green bean maupun kopi roastbean baik UMKM berkelompok maupun perorangan,” ungkap Sumarlin, Minggu (4/4)

Menurut dia, tujuan dilaksanakannya Bimtek calon eksportir ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan pengusaha kopi Lambar dalam mengekspor kopi, serta lahirnya eksportir kopi asli dari Lambar karena selama ini proses ekspor kopi masih menggunakan bendera eksportir luar Lambar.

Dengan adanya Bimtek calon eksportir kopi tersebut, Sumarlin berharap lahirnya eksportir kopi robusta premium di Lambar sehingga nilai tambah akan dinikmati oleh masyarakat Lambar dan kopi robusta premium Lambar semakin dikenal dunia.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan Bimtek calon eksportir kopi ini lahir eksportir kopi Lampung Barat sehingga kopi asal Lampung Barat akan semakin terkenal begitu juga dengan nilai tambah akan dinikmati oleh warga Lambar khususnya petani kopi,” ucap Sumarlin. (lus/mlo)




Pos terkait