Besok, DPC Gradasi Kabupaten Pesbar Dilantik

  • Whatsapp
Drs. Miswandi Hasan, M.Si.

Medialampung.co.id – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) periode 2021-2026, akan dilantik oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gradasi Provinsi Lampung, yang akan dipusatkan di Gedung Serba Guna Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (17/11) besok.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Drs. Miswandi Hasan, M.Si., mengatakan pelantikan pengurus DPC Gradasi Kabupaten Pesbar itu rencananya akan dihadiri Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, serta pengurus DPD Gradasi Provinsi Lampung.

“Pengurus DPC Gradasi Kabupaten Pesbar diketuai oleh Hj.Septi Heri Agus Naini Istiqlal, Sekretaris Jefri Trisanjaya, S.E, M.Si., dan bendahara Melia Irlistiana, S.Kom.,” katanya, Selasa (16/11).

Dijelaskannya, kegiatan yang mengusung tema percepatan pemulihan sektor pariwisata dan UMKM pasca pandemi di Pesbar melalui literasi digital, itu diharapkan terlaksana dengan baik dan lancar. Terlebih, DPC Gradasi Kabupaten Pesbar merupakan yang kali pertama dilantik. Sehingga, dengan adanya Gradasi itu diharapkan mampu membawa kemajuan di Kabupaten setempat.

“Seperti diketahui bahwa Gradasi merupakan organisasi penggerak literasi digital nasional yang mandiri,” katanya.

Selain itu, juga terbuka untuk umum, merujuk pada semangat kreatifitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensinya, untuk berkolaborasi membangun negeri, menuju smart society. Gradasi didirikan atas dasar pemikiran tentang perlunya suatu wadah atau tempat bernaung serta berkumpul, untuk berbagi pengalaman serta keahlian para profesional, akademisi, wirausaha, masyarakat, pelajar dan Pemerhati digital.

“Hal itu demi meningkatkan kualitas literasi berbasis digital bagi masyarakat Indonesia, salah satunya di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, Gradasi diharapkan mampu menghadirkan generasi yang berdaya saing tinggi, progresif, unggul dalam kompetensi, partisipatif serta kolaboratif dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia berbasis digital. Dalam hal ini, Pemkab Pesbar memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan tujuan gradasi antara lain memajukan dan meningkatkan SDM khususnya dalam bidang digital.

Kemudian, memajukan kemampuan literasi berbasis digital, meningkatkan pertumbuhan generasi cerdas berdigital, mengembangkan pendidikan berbasis digital, dan meningkatkan partisipatif dan kolaboratif lintas startup berbasis digital khususnya di Kabupaten Pesbar ini. Terlebih, dalam Era Digitalisasi 4.0 telah mendorong banyak perubahan, khususnya perilaku masyarakat, karena itu gerakan-gerakan arus informasi digital yang baik perlu didukung penuh.

“Gradasi merupakan salah satu gerakan yang mensupport hal itu, dan secara tidak langsung mendukung pembangunan nasional,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait