Besok, Gelaran Festival Beguai Jejama akan Dibuka

  • Whatsapp
Kepala DPMP Lambar Yudha  Setiawan, S.I.P.

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) hari akan menggelar Festival Beguai Jejama (FBJ) di Lapangan Pekon Wayngison Kecamatan Batuketulis. Kegiatan tersebut  dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-28 tahun, serta meningkatkan semangat beguai jejama.

Acara tersebut akan dihadiri Bupati Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Akmal Abdul Nasir, S.H., Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Partinia Parosil beserta jajaran, Camat, TP PKK kecamatan, peratin, TP PKK Pekon,  serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya



“Besok Bapak Bupati akan membuka secara resmi kegiatan Festival Beguai Jejama  sekaligus pencanangan  bulan bakti gotong royong masyarakat  tingkat kabupaten  tahun 2019  dengan ditandai  pemukulan kentongan dan gong,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Yudha Setiawan, S.I.P, kemarin.

Guna memeriahkan acara tahunan tersebut, lanjut dia, pihaknya akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan pada FBJ itu, yaitu penyerahan hadiah lomba evaluasi pekon tahun 2019, launching Broadband/Website pekon, launching rekening Payrol untuk pekon, launcing produk BUMPekon (perdagangan beras), serta pameran produk unggulan pekon.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menggelar lomba nyambai, khitanan massal, pelayanan KB, pelayanan kesehatan massal, pelayaan kependudukan, pelayanan perpustakaan baca masyarakat, penanaman pohon konservasi, lomba masak nasi goreng, lomba nasi tumpeng, serta parade makan besar kuliner lokal.  “Jadi ada 16 rangkaian kegiatan yang kita laksanakan guna memeriahkan festival beguai jejama tahun 2019,” akunya.

Masih kata Yudha, Festival Beguai Jejama adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Sementara tujuannya dalam rangka meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Kata Yudha, sasaran kegiatan FBJ yaitu meningkatnya persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangnan, meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan, serta meningkatkan promosi produk unggulan pekon dan inovasi kegiatan gotong royong masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan Festival Beguai Jejama ini, kita berharap kebersamaan dan gotong royong yang memang sudah merupakan budaya nenek moyang kita, kita lestarikan dan kita bangkitkan kembali. Melalui gotong royong kita saling bahu membahu untuk membangun Kabupaten Lampung Barat, dan semuanya itu tentunya dalam rangka menuju Lampung Barat Hebat,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait