Besok, Pemkab Lambar Gelar EPP Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar tahun 2021 mulai besok, Senin (15/3) akan melakukan penilaian di tingkat pekon. 

“Untuk hari pertama, tim akan melakukan penilaian di Pekon Tanjungraya Kecamatan Sukau dan Pekon Wates Kecamatan Balikbukit. Pelaksanaan penilaian ini tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T., mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ir. Noviardi Kuswan, Minggu (14/3). 

Bacaan Lainnya

Menurut dia, tim penilaian EPP tingkat kabupaten antara lain DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Satuan Polisi Pamong Praja. 

Sesuai dengan jadwal, lanjut Desmon, untuk EPP tingkat Kabupaten Lambar akan dilaksanakan mulai Senin-Kamis (15-25/3), yaitu Senin (15/3) di Pekon Tanjungraya Kecamatan Sukau dan Pekon Wates Kecamatan Balikbukit, Selasa (16/3) di Pekon Karangagung Kecamatan Waytenong dan Pekon Batukebayan Kecamatan Batu Ketulis, Rabu (17/3) Pekon Hujung Kecamatan Belalau dan Pekon Kembahang Kecamatan lumboksmeinung, dan Kamis (18/3) penilaian EPP akan dilaksanakan di Pekon Pancurmas Kecamatan Lumbokseminung.

Selanjutnya, Senin (22/3) Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian dan Pekon Sinarjaya Kecamatan Airhitam, Selasa (23/3) Pekon Purajaya dan Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya, Rabu (24/3) Pekon Margajaya Kecamatan Pagardewa dan Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau, serta Kamis (25/3) pelaksanaan EPP akan dilaksanakan di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh dan Pekon Srimulyo Kecamatan Bandarnegeri Suoh. 

Lebih jauh Desmon mengatakan, adapun indikator EPP tahun 2021, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.81/2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

Selanjutnya, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat. “Kita berharap pelaksanaan EPP tahun ini berjalan lancar,” pungkas Desmon. (lus/mlo)


Pos terkait