Besok, Tim Disbunnak Periksa Hewan Kurban

  • Whatsapp
Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Alma' Arif

Medialampung.co.id – Menjelang hari raya Idul Adha, Tim Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar  mulai besok, Selasa (28/7) akan turun kelapangan melakukan pemeriksaan hewan kurban di tingkat kecamatan.

“Tim sudah kita bentuk, dan mereka akan bekerja mulai besok hingga  H+5 setelah lebaran untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban,” ungkap Kabid Peternakan AlmaArif, S.I.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si, di Ruang Kerjanya, Senin (27/7)

Bacaan Lainnya



Ia menjelaskan,  pemeriksaan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun dan  pemeriksaan tersebut meliputi Ante Mortem dan Post Mortem.  Pemeriksaan hewan kurban tersebut untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat.

“Kalau nanti ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dikurbankan. Begitu juga kalau kita temukan ada penyakit cacing hati, maka kita rekomendasikan agar hatinya harus dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Disinggung soal jumlah hewan kurban yang akan dipotong. Alma Arif mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah ternak sapi dan kambing di Kabupaten Lambar yang akan dipotong menjelang hari raya Idul Adha.  

“Untuk jumlahnya ada penurunan sedikit, contohnya di Kelurahan Waymengaku  tidak sampai puluhan ekor yang akan dikurbankan. namun untuk angka pastinya berapa jumlah hewan kurban di Lambar, kita akan turun ke lapangan.  Kemungkinan tahun ini jumlahnya menurun karena kemampuan masyarakat tidak seramai tahun lalu,” imbuhnya.

Lebih jauh dia mengatakan, tim telah dibentuk dan disesuaikan dengan tempat tugas masing masing, seperti halnya Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Kebuntebu, dan Kecamatan Airhitam petugas yang akan melakukan pemeriksaan drh. Catur. Lalu, wilayah Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Waytenong, Kecamatan Sekincau, dan Kecamatan Pagardewa petugasnya Bambang Hermawan.

Kemudian, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Batuketulis dan Kecamatan Belalau Ishak. Kecamatan Batubrak, Kecamatan Balikbukit dan Kecamatan Sukau petugasnya Marti dan kawan-kawan di Disbunnak. Sedangkan Kecamatan Lumbokseminung  petugasnya Munhamir.

Pihaknya juga memberdayakan juru sembelih hewan kurban yang telah dilatih di tahun sebelumnya yang ada di tingkat pekon.

“Mereka nanti akan membantu kita untuk ikut mengawasi kesehatan hewan kurban dalam rangka mendapatkan produk pangan yang memenuhi kriteria/unsur aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),  pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait