Bidang Pemerdayaan Pekon Sumberalam Salurkan BLNT Periode April 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga penerima Bantuan Langsung Non Tunai (BLNT) Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam Kabupaten Lampung Barat (Lambar) layak bersyukur. Pasalnya bantuan rutin bulanan berupa beras dan telur ayam tersebut untuk periode April 2020 kembali dibagikan. Bahkan terkait pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Virus Corona jenis bantuan yang disalurkan diberikan penambahan seperti Kentang dan Apel.

Kasi Pemberdayaan Pekon Sumberalam Purwasih, mendampingi Peratin Husain menyampaikan, jumlah warga atau Kelompok Penerima Manfaat (KPM) kategori masyarakat pra sejahtera penerima BLNT di pekon tersebut sebanyak 50 orang.

Bacaan Lainnya



Sesuai ketentuan pemerintah jumlah itu per-satu orang, setiap Satu bulan memperoleh Sepuluh Kilogram (kg) beras dan Satu karpet telur ayam dengan jumlah 30 butir.   

Akan tetapi karena saat ini tengah merebaknya Virus Corona pemerintah memberikan bantuan tambahan seperti Kentang dan Buah Apel masing-masing berjumlah Satu Kg.

“Bantuan ini sudah kami serahkan kepada masing-masing Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebagaimana ketentuan,” ungkap Purwasih.

Sementara ditambahkan pendamping TKSK Kecamatan Airhitam Fitri Yanti pendistribusian BLNT tersebut di Sepuluh pekon telah disalurkan semua. Dan penambahan kentang serta buah apel tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada para KPM terkait virus corona yang saat ini tengah melanda seluruh dunia. 

Pada pembagian itu Peratin Husai juga ikut mengawasi, dimana pihaknya berpesan kepada warga penerima BLNT bahwa pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Anggaran Dana Desa (ADD) dan juga ada bantuan sosial dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Tapi masyarakat yang sebelumnya memperoleh BLNT dan Program Keluarga Harapan (PKH) dipastikan tidak memperoleh, dan akan diberikan kepada warga yang sama sekali belum menerima bantuan atau program pemerintah, dengan kriteria penerima yang akan ditentukan oleh tim gabungan relawan Covid-19 Pekon.

Artinya kata Husain, BLNT yang disalurkan secara rutin untuk dimanfaatkan sebaik dan sehemat mungkin. Karena diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di masa sulit akibat Covid-19 ini.

“Kita belum tau kapan wabah ini hilang, karena itu dengan segala keterbatasan anggaran dan dana yang dimiliki khususnya dana mandiri warga agar seyogyanya digunakan sehemat mungkin. Dan tetap mentaati anjuran dari pemerintah dalam langkah menghindarkan diri dari penularan Virus Corona tersebut,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait