Biddokes Polda Lampung Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Biddokes Polda Lampung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan menggelar sosialisasi pencegahan Virus Corona di Lapangan Apel Polres Waykanan hari ini.

Kegiatan dihadiri Kaurkesmapta Biddokes Polda Lampung Kompol Jeni Lappy bersama anggota Biddokes Polda Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan Dr. yunita putri, MMR, pejabat utama Polres Waykanan, anggota Polres Waykanan dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran

Bacaan Lainnya



Kaurkesmapta Biddokes Polda Lampung Kompol Jeni Lappy mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan sosialisasi dan Informasi kepada anggota Polres Waykanan dan jajaran tentang Virus Corona, mengingat pemberitaan di media hampir setiap hari intinya tentang Virus Corona.

“Untuk meningkatkan kewaspadaan anggota, Biddokes Polda Lampung melakukan langkah-langkah pencegahan mulai apa yang harus kita lakukan tentunya jangan sampai sebagai anggota Polri tidak mengetahui bahwa virus itu telah menyakiti diri sendiri maupun keluarga kita,” ujar Kompol Jeni Lappy.

“Maka sepatutnya Polri sebagai abdi masyarakat yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat berupaya secara optimal untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan Kepolisian di Polres Waykanan,” imbuh Kompol Jeni Lappy.

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan melalui Dokter umum Puskesmas Negeri Baru dr. yunita Putri, MMR menuturkan apa itu COVID-19 (Virus Corona) adalah suatu kondisi infeksi menyerang sistem pernapasan, yang berarti dapat menular langsung atau tidak langsung, dari satu orang ke orang lain. Pertama Kali Diidentifikasi di Wuhan, China, pada Desember 2019.

“Untuk mencegah penyebaran atau penularan dapat dilakukan dengan cara cuci tangan secara teratur dengan banyak sabun menggunakan air yang mengalir lalu selalu siapkan pembersih berbasis alkohol saat sabun dan air tidak tersedia, jangan menyentuh mata, mulut, atau hidung kita dengan tangan yang tidak bersih dan jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk selanjutnya ikuti sapaan tanpa sentuhan untuk tidak ada kuman yang dikontak,” terang dr. Yunita. 

Untuk pencegahannya, lanjut dr. Yunita yakni jaga perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun (CTPS), jika ada orang yang batuk menggunakan masker atau tisu kering atau siku lengan, banyak makan buah dan sayur, masak daging dan telur hingga matang, jangan begadang, istirahat yang cukup, tidak panik atau hindari stres karena dapat menurunkan Imunitas yang ada di dalam tubuh, Imbuh.

Selain itu, tingkatkan kebersihan lingkungan sekitar dan dapat menyediakan sabun untuk cuci tangan atau hand sanitizer bagi masyarakat yang akan mendatangi ruang pelayanan Kepolisian, tempat ibadah.

“Kami berharap peran Bhabinkamtibmas agar menyampaikan yang didapat dari sosialisasi ini kepada warga dan yang utama tidak menimbulkan kepanikan dan apabila ada warga yang pulang dari luar negeri mohon dipantau , mengawasi karena termasuk orang dalam pengawasan,” lanjut dr. Yunita.

Dalam pada itu, di akhir sosialisasi dilaksanakan simulasi penggunaan masker dan cara mencuci tangan tangan yang baik dan benar menurut WHO dipimpin langsung oleh Biddokes Polda Lampung didampingi Dr yunita Putri.(wk1/mlo)



Pos terkait