BKSDA Kembali Pasang Perangkap Buaya 

  • Whatsapp
Tim BKSDA bersiap memasang perangkap untuk menangkap Buaya di Way Semaka. Foto ist dok BKSDA

Medialampung.co.id – Tim Seksi Konservasi Wilayah III Lampung Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung-Bengkulu  memasang perangkap buaya di Sungai Way Semaka tepatnya di Pekon Banjarsari Kecamatan Wonosobo.Pemasangan perangkap ini menyusul kembali timbulnya korban lantaran diserang buaya muara saat sedang  beraktivitas di sungai 30 Maret lalu.

Dalam pemasangan perangkap ini, BKSDA Bengkulu-Lampung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tanggamus, Polsek Wonosobo dan pemerintah Pekon Banjarsari.

“Tim BKSDA sudah turun untuk melakukan identifikasi potensi keberadaan buaya muara yang paling sering muncul di Way Semaka setelah itu dilakukan pemasangan perangkap,” ujar Sekretaris Dinas LH Tanggamus Kemas Amin Yusfi.

Sementara Ketua Tim Penanggulangan Konflik SKW  III Lampung BKSDA Lampung- Bengkulu Rusmaidi mengatakan, bahwa untuk teknik penangkapan masih seperti awal dulu dimana, perangkap dipasang ditempat buaya sering terlihat . Didalam perangkap ditaruh daging ayam sebagai umpan.

“Malam ini rencananya tim akan menelusuri sepanjang Waykunyit, perangkap dipasang di lokasi dimana buaya sering terlihat. Semoga kali ini buaya tersebut bisa segera tertangkap,” ujar Rusmaidi mewakili Kepala SKW III Lampung BKSDA Hifzon Zawahiri,” ujarnya.

Dilanjutkan Rusmaidi bahwa pihaknya bersama Dinas LH, Polsek Wonosobo dan aparat Pekon Banjarsari sudah memberikan sosialisasi kepada warga untuk sementara waktu tidak beraktivitas di sungai.

“Untuk pemantauan perangkap kami dibantu oleh warga sekitar dan Kepala Pekon Banjarsari Gunarti,” ucapnya.(rnn/ehl/mlo)



Pos terkait