Boimin Sampaikan Program Pekon Untuk Mahasiswa KKN

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berbagai program disiapkan Pemerintahan Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dengan kehadiran Mahasiswa Unila yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pekon itu selama 40 hari.

Peratin Boimin menyebutkan, KKN Unila tahun 2020 ini terdiri dari mahasiswa gabungan dari berbagai fakultas. Atas dasar itu banyak juga harapan yang disiapkan pihak pekon untuk dijadikan program kerja para mahasiswa dari universitas ternama di Provinsi Lampung tersebut.

Bacaan Lainnya



Dijelaskan Boimini, beberapa program yang dapat diimplementasikan mahasiwa KKN tersebut yakni penerapan pendataan penduduk secara online serta pembinaan Kaur Pembangunan dan Kasi Perencana khususnya agar kedepan lebih memahami Rencana Anggaran Biaya (RAB) kontruksi pembangunan.

Tak kalah pentingnya bidang pertanian diharapkan juga memberikan motivasi kepada para petani tentang cara bertani yang baik termasuk pemahaman cara membasmi penyakit penggangu tanaman.

Bahkan kata Boimin mahasiswa KKN dapat berperan pada inovasi pekon tentang hutan rakyat. Karena untuk penerapan inovasi itu, pihak pekon akan menyediakan bibit pohon nangka, alpukat dan Durian. “Kami juga akan minta pemahan cara pembibitan pisang kapendis yang menjadi salah satu tanaman yang telah berkembang di Kecamatan Gedungsurian,” ucapnya.

“Berkat perkembangan tanaman pisang di Kecamatan Gedungsurian, maka permintaan konsumen bukan hanya sebatas buah pisang. Namun juga bibit pisang yang datang dari luar kabupaten, seperti Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Waykanan, Lampung Utara (Lampura), dan kerap membuat masyarakat kwalahan,” sebutnya.

Sehingga pihak pemerintahan pekon mengharapkan para mahasiswa KKN dapat mengajarkan cara mempolibek  bibit pisang yang baik. Di samping itu di bidang hukum juga pihak pekon sangat berharap agar mahasiswa memberikan sosialisasi tentang masyarakat sadar hukum, dengan dapat menelurkan peraturan desa sesuai ketentuan hukum yang berlaku di NKRI

“Dibidang pendidikan, kami mengharapkan juga mahasiswa KKN dapat mensosialisikan kepada masyarakat tentang pentinya pendidikan guna meraih cita-cita Pekon Gedungsurian Hebat dan Sejahtera,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait