Bonzaivaganza, Kontribusi Jurnalis Untuk Masyarakat Lampura

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lomba tulis berita oleh pelajar-mahasiswa se-Kabupaten Lampung Utara akan turut meramaikan perhelatan ‘Bozaivaganza’ yang digagas oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)  bersama PWI, dan PWRI Lampura, pada Kamis (20/2).

Dewan Penasehat SMSI Lampura, Sabirin, yang juga Sekretaris Dewan Pendidikan mengatakan, selain memamerkan seni bonsai hasil kreasi masyarakat, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan lomba penulisan berita dan sekolah jurnalistik bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan mahasiswa setempat.

Bacaan Lainnya



“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan wawasan kepada siswa dan pelajar dalam penulisan karya jurnalistik. Sebab, di era digital seperti sekarang, kebutuhan informasi di lapangam cukup besar sebagai penyambung informasi kepada publik,” kata dia di sela-sela persiapan kegiatan ‘Bonzaivaganza’ oleh SMSI Lampura di tempat kegiatan, Taman Olah Seni (TOS), Rabu (19/2).

Sehingga menurutnya acara itu sangat penting, sebagai bentuk pendidikan dan bakti kepada masyarakat dalam hal penulisan karya jurnalistik.

Sehingga mudah dalam memberikan informasi, selain mengenalkan seni bonsai kepada warga disana.

“Ini kan temanya lingkungan, kita juga sengaja memberikan pendidikan terkait profesi kita. Sebab, mereka akan terjun ke masyarakat dan kelak berguna bagi mereka. Dan untuk masyarakat, disini selain karya jurnalistik yang berimbang kita memberikan pemahaman bahwa jurnalis bisa juga lho berkarya. Ya, melalui seni bonsai ini,” terang pria yang disapa akrab Paksu itu.

Pers dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis, lanjutnya, merupakan kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani.

Selain itu, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki. Yang diperlukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, juga memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini sesuai dengan Undang-Undang Pokok Pers No.40/1990. Jadi peranan pentingnya bagaimana memberikan informasi benar kepada masyarakat, serta memberikan pendidikan yang baik,” tambahnya.

Dalam kegiatan lomba yang memperebutkan trofi dan uang pembinaan itu diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi peserta. Yang kemudian dapat bermanfaat bagi kehidupan mereka kedepan, khususnya kalangan pelajar-mahasiswa saat kembali ke tengah-tengah masyarakat. (ozy/mlo)



Pos terkait