BOS Triwulan IV Akhirnya Cair

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Setelah ditunggu-tunggu, bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan IV (Oktober-Desember) tahun 2019 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Lambar akhirnya cair.

“Dana BOS triwulan IV sebesar Rp8 miliar lebih telah cair dan ditransfer ke rekening masing-masing sekolah. Jadi silahkan pihak sekolah melakukan pengecekan,” kata Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Wasis Supriyadi, S.T, M.Ak., mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M.

Bacaan Lainnya



Kata dia, pencairan dana BOS triwulan IV tahun ini memang sedikit terlambat dibanding tahun tahun sebelumnya karena biasanya pencairan dilakukan di bulan November. Dana BOS SD dan SMP tersebut langsung ditransper pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi kerekening masing-masing sekolah. “Dana BOS yang diterima Kabupaten Lambar tahun ini sekitar Rp32 miliar lebih untuk tingkat SD dan SMP dan pencairannya dilakukan empat tahap, yaitu triwulan I (Januari-Maret), triwulan II (April-Juni), triwulan III (Juli-September dan triwulan IV (Oktober-Desember),” ungkap dia.

Kata dia, BOS adalah salah satu bentuk intervensi program pemerintah yang dilakukan terhadap sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. BOS untuk jenjang pendidikan SD yaitu senilai Rp 800.000/siswa/tahun dan untuk tingkat SMP senilai Rp1.000.000/siswa/tahun. “ Kita berharap dengan adanya BOS untuk siswa  SD dan SMP ini dapat bermanfaat bagi siswa,” katanya.

Penggunaan dana BOS, kata dia, antara lain untuk penerimaan siswa baru, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, insetif guru honor, lomba-lomba, pengadaan alat tulis kantor (ATK) serta pembelian buku kurikulum K13. “Kita mengimbau kepada seluruh kepada SMP dan SD agar mempergunakan dana BOS sesuai dengan aturan yang ada, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya. (lus/mlo)



Pos terkait