BPBD Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir barat (Pesbar), menggelar rapat koordinasi penanggulangan bencana di ruang rapat cukuh tangkil, Setdakab Pesbar, Selasa (26/1).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekkab Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., Kabag Ops Polres Lambar, Kompol Fery Anda Eka Putra., Danramil Pesisir Selatan Kapten CBA Indra Jaya, Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S. Pi., dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Lingga Kusuma mengatakan semua pihak harus tetap siaga menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja di wilayah Kabupaten Pesbar sebagai salah satu daerah rawan bencana.

“Potensi bencana alam di kabupaten ini cukup kompleks, karena semua bencana alam bisa saja terjadi di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar),” kata dia.

Dijelaskannya, potensi bencana alam yang dapat terjadi di Pesbar seperti banjir, tanah longsor, banjir rob, angin puting beliung bahkan potensi tsunami, sebab wilayah Kabupaten Pesbar berbatasan langsung dengan laut lepas.

“Karena potensi bencana alam yang cukup kompleks itu, saya minta agar semua pihak dapat siaga mulai dari personil hingga perlengkapan dalam mewaspadai bencana alam yang bisa terjadi,” jelasnya.

Selain itu, komunikasi dengan personil TNI-Polri, BPBD, kecamatan hingga tingkat pekon harus dilakukan, dengan begitu jika terjadi bencana alam semua petugas dapat langsung melakukan penanggulangan.

“Komunikasi harus tetap dijaga, sehingga jika terjadi bencana alam informasi cepat didapat dengan begitu penanggulangan bencana alam dapat dilakukan dengan maksimal,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap, ketersedian perlengkapan yang dibutuhkan harus selalu siap, sehingga jika suatu saat terjadi bencana alam maka bisa langsung dimanfaatkan di lapangan dalam melakukan evakuasi.

“Semua instansi terkait harus tetap siaga dengan personil dan perlengkapan penunjang lainnya, dengan begitu jika terjadi bencana alam bisa langsung turun untuk melakukan evakuasi,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait