BPBD Lambar Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Beberapa hari belakangan sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat dilanda cuaca ekstrim, curah hujan yang terus meningkat berpotensi menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor hingga pohon tumbang.

Langkah antisipasi dan kesiapsiagaan terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Lambar, seperti menyisir jalur Liwa-Krui di tengah tingginya curah hujan yang berlangsung pada Jumat (14/5).

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Lambar Maidar, SH, M.Si., mengatakan, dalam rangka menghadapi cuaca ekstrim pihaknya menghimbau masyarakat agar waspada serta diharapkan untuk mengurangi mobilitas terutama pada titik wilayah rawan longsor dan pohon tumbang seperti di jalur Liwa-Krui.

“Kita imbau warga waspada, karena intensitas hujan terus meningkat. Tadi sore tim kita melakukan penyisiran di jalur Liwa-Krui sebagai langkah kesiapsiagaan. Alhamdulillah untuk lambar tidak ada bencana, hanya terjadi luapan air dari drainase dan ini sudah kami koordinasikan ke instansi terkait agar dapat ditindaklanjuti,” kata Maidar.

Terkait langkah kesiapsiagaan, pihaknya mengaku telah Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

Sementara, untuk BPBD sendiri, ia juga memastikan bahwa telah standby baik sarana maupun prasarana pendukung, seperti perahu, mesin chainsaw maupun peralatan pendukung lainnya sudah siap.

“Begitu juga dengan personel juga sudah siap untuk diturunkan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam,” jelasnya.

Selanjutnya, koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) terkait dengan alat berat juga sudah dilakukan, dan sewaktu-waktu alat berat dibutuhkan karena terjadi bencana longsor maka siap untuk diturunkan.

”Begitu juga dengan pihak-pihak lainnya, koordinasi terus kami tingkatkan guna menghadapi curah hujan yang terus meningkat, namun tentunya kita tetap berdoa semoga bencana alam seperti banjir,  longsor  dan bencana lainnya tidak terjadi,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait