BPBD Mesuji Turunkan Tim Reaksi Cepat

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, hingga saat ini masih terus menerapkan sistem patroli wilayah sebagai bentuk kesiapsiagaan memantau berbagai potensi bencana di Kabupaten ini apalagi pada bulan Febuari saat ini curah hujan cukup tinggi.

Kepala BPBD Mesuji Sahril, mengatakan, penerapan pantauan wilayah dengan sistem patroli untuk mengantisipasi jika terjadi nya banjir sewaktu-waktu apalagi saat ini curah hujan tinggi.

Bacaan Lainnya



“Anggota yang diturunkan untuk melakukan patroli adalah tim reaksi cepat (TRC) yang telah ditugaskan dengan sistem bergilir Ada16 orang anggota TRC, untuk memantau berbagai titik yang dapat memicu potensi bencana,” katanya melalui pesan Wathsap, Jumat (28/2).

Menurut dia sejumlah titik potensi bencana yang dipantau anggota TRC melalui sistem patroli itu antara lain, kawasan pinggir sungai, titik-titik rawan banjir dan genangan, selain itu menurutnya tiga kawasan di Kabupaten Mesuji yang terdata rawan banjir, yakni kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, dan Rawajitu Utara.

Dia mengatakan, meskipun kondisi curah hujan yang turun tinggi namun hingga saat ini belum ada yang  menimbulkan bencana banjir secara permanen. Kendati begitu pihaknya akan terus siaga mengawasi debit air sungai di daerah yang berpotensi terjadi bencana banjir tersebut.

“Jadi jika sewaktu-waktu banjir tiba Silakan masyarakat menghubungi nomor TRC BPBD. 08117287374 dan Posko siaga Becana Aman Nusa II Mesuji 082183054849 baik via telepon maupun pesan singkat,” imbuhnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai datangnya cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu bisa terjadi, yang bisa menyebabkan bencana alam. Dia menyarankan warga untuk berkoordinasi dengan kepala desa, kecamatan, dan pihak terkait jika daerahnya terjadi banjir. (muk/mlo)



Pos terkait