BPBD Pesbar Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadi cuaca ekstrim pada masa peralihan musim (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan di Kabupaten setempat.

Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan diseluruh daerah salah satunya di Kabupaten Pesbar kini sudah mulai terjadi peralihan musim (pancaroba), hal itu itu berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa di masa peralihan musim itu cuaca ekstrim berpotensi besar terjadi.

Bacaan Lainnya

“Mulai dari hujan disertai petir dan angin kencang, dan potensi lainnya. Untuk itu masyarakat di Kabupaten Pesbar ini khususnya harus tetap mewaspadainya, sebagai antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya, Kamis (30/9).

Dijelaskannya, seperti yang dirilis oleh BMKG hari ini beberapa wilayah di Provinsi Lampung berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, termasuk di Kabupaten Pesbar. Karena itu, BPBD Pesbar hingga kini tidak henti-hentinya mengimbau dan minta agar masyarakat tetap mewaspadai kondisi cuaca saat ini.

“Begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di wilayah pemukiman penduduk yang rentan terdampak banjir agar diimbau benar-benar siap siaga jika terjadi bencana banjir,” jelasnya.

Menurutnya, peran serta masyarakat tentu sangat diharapkan dalam mengantisipasi dan tanggap jika terjadi suatu bencana, baik bencana banjir maupun lainnya. Terutama saat kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini. 

Begitu juga dengan para nelayan di seluruh Pesbar ini untuk dapat memperhatikan kondisi gelombang laut saat hendak mencari ikan ditengah laut, karena jelas cukup berbahaya. Mengingat belum lama ini juga pernah terjadi nelayan yang sempat hilang akibat gelombang tinggi saat melaut, dan beruntung bisa ditemukan. 

“Dengan kondisi cuaca saat ini jelas sangat dikhawatirkan bagi nelayan untuk melaut. Untuk itu kita harap nelayan dapat waspada dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melaut,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait