BPBD Pesbar Imbau Nelayan Lengkapi Alat Keselamatan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) minta seluruh nelayan di kabupaten setempat melengkapi diri dengan alat keselamatan saat berangkat melaut. 

Hal itu sebagai upaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di tengah laut, nelayan sudah siap dengan alat keselamatan yang dimiliki salah satunya jaket pelampung. 

Bacaan Lainnya


Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S. Pi., mengatakan apa yang menimpa dua nelayan asal Pekon Kampungjawa beberapa hari yang lalu harus menjadi pelajaran berharga bagi nelayan lainnya untuk selalu siap sedia alat keselamatan melaut. 

“Aktivitas nelayan berada ditengah laut, tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di tengah laut, baik dari kondisi cuaca gelombang hingga kendala lain yang bisa dialami oleh nelayan,” ungkapnya. 

Menurutnya, semua hal bisa terjadi dan menimpa nelayan saat berada di tengah laut, seperti hal mesin mati mendadak dan tidak bisa dihidupkan lagi, hal tersebut membuat nelayan hilang kendali jukung dan dengan mudah dihantam gelombang. 

“Jika mesin jukung mati, maka nelayan akan terombang-ambing ditengah laut, karena jukung tidak bisa dikendalikan, selain itu jika terjadi gelombang tinggi maka jukung akan mudah diterjang ombak,” jelasnya.

Karena itu, alat keselamatan nelayan saat berangkat melaut agar dilengkapi, sehingga jika terjadi hal-hal tidak diinginkan nelayan sudah siap terutama jaket pelampung. 

“Kami hanya sebatas mengimbau agar nelayan berangkat melaut dengan aman, maka harus melengkapi jukung mereka dengan alat keselamatan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga minta nelayan selalu membawa alat komunikasi, dengan bantuan alat komunikasi nelayan akan lebih mudah berkomunikasi dengan nelayan lainnya atau keluarganya. 

“Alat komunikasi juga sangat diperlukan, karena jika terjadi kecelakaan laut, maka nelayan bisa menghubungi nelayan lainnya atau memberikan kabar kepada keluarganya, sehingga bantuan bisa segera datang,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait