BPBD Pesbar Ingatkan Pengunjung Pantai Tetap Waspada

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali menekankan kepada para pengunjung pantai untuk tetap waspada saat bermain di pinggir pantai. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Plt.Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan bahwa, dengan kondisi laut seperti sekarang ini pihaknya kembali mengingatkan agar para pengunjung pantai untuk tetap waspada, jika pun ada pengunjung yang ingin berenang agar dapat memperhatikan kondisi laut, namun alangkah baiknya untuk tidak berenang di laut.

Bacaan Lainnya


“Kita tidak melarang pengunjung berenang di laut, tapi sebaiknya jangan sampai berenang walaupun di pinggir pantai. Ini untuk mencegah terjadinya pengunjung terseret ombak,” ujarnya.

Dijelaskannya, kondisi pengunjung wisata pantai pada H+3 lebaran di sejumlah kawasan wisata pantai di Pesbar ini cukup ramai, karena itu semua pihak terutama tim dari BPBD baik Satlak, TRC dan lainnya untuk tetap memaksimalkan pengawasan terhadap pengunjung pantai di Kabupaten Pesbar ini.

“Para pengunjung wisata pantai yang membawa anak-anak juga diharapkan untuk mengawasi anaknya saat bermain di pinggir pantai. Kita juga berharap mudah-mudahan selama libur lebaran ini tidak terjadi adanya korban tenggelam,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, mengenai adanya pengunjung yang tertusuk duri bulu babi saat bermain di pinggir pantai Tanjung Setia, tentu diharapkan bisa menjadi perhatian para pengunjung lainnya agar tetap memperhatikan anak-anaknya.

“Di pinggiran pantai tentu banyak hewan laut yang membahayakan, untuk itu pengunjung pantai yang membawa anak-anaknya harus benar-benar diperhatikan oleh para orangtuanya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Agung (11) salah seorang warga Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), sempat mendapat penanganan medis di Posko Lebaran yang ada di Pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) setelah tertusuk duri bulu babi di bagian telapak dan jari kaki sebelah kanan saat bermain di pantai Tanjung Setia, pada H+3 Lebaran, Rabu (4/5).

Kepala UPTD Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan, salah satu pengunjung pantai yang sempat tertusuk duri bulu babi di bagian telapak kakinya itu memang harus segera mendapat penanganan medis. Karena dikhawatirkan akan berdampak pada anak tersebut. Mengingat bulu babi atau landak laut juga merupakan hewan laut yang beracun.

“Sehingga membahayakan manusia, karena itu pengunjung yang sempat tertusuk duri bulu babi tersebut langsung segera ditangani di Posko Lebaran yang ada di wilayah ini,” katanya.(yan)


Pos terkait