BPBD Pringsewu Usulkan Normalisasi Sungai dan Drainase

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Normalisasi sungai dan drainase menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan guna mengantisipasi banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Pringsewu.

Seperti banjir yang terjadi di sejumlah pekon di kecamatan Gadingrejo. “Kedepan perlu normalisasi Way Bayas, juga drainase karena terjadi luapan,” usul kepala pelaksana BPBD Pringsewu Edi S. Pamungkas.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya hal ini perlu dilakukan guna meminimalisir dampaknya.

Banjir juga kerap terjadi di beberapa tempat di Kecamatan Pringsewu. Berpenduduk cukup padat, drainase sudah menjadi persoalan yang sejak kini perlu mendapat perhatian. Termasuk juga perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan. 

Anggota DPRD Pringsewu Sudiono, S.Kom., yang juga merupakan warga Pringsewu mengatakan bersama anggota DPRD Pringsewu melalui komisi 3 salah satunya mitra dinas PUPR.

Dengan didukung melalui musrenbang kecamatan menindaklanjuti serta memprioritaskan salah satunya pembangunan/perbaikan drainase skala kawasan perkotaan. 

“Ini untuk meminimalisir banjir atau luapan air hujan yang selama ini kerap terjadi,” akunya.

Selain disebabkan buruknya saluran pembuangan air (drainase) juga terjadi penyumbatan disebabkan karena penumpukan sampah.

“Kami berharap dinas terkait yakni dinas Lingkungan Hidup bersama PUPR untuk saling berkoordinasi. Serta juga sangat dibutuhkan kepedulian masyarakat dalam memelihara/menjaga lingkungan,” harap Sudiono.(sag/mlo)


Pos terkait