BPBD-PUPR akan Lakukan Peninjauan Ulang Sungai Warkuk

  • Whatsapp
Erosi Sungai Warkuk merusak 10 hektar sawah di Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat

Medialampung.co.id – Menanggapi usulan masyarakat dan dorongan komisi III DPRD agar segera ada upaya normalisasi sungai (way) Warkuk, di Pemangku III Kedamaian, Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat pasca adanya bencana erosi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR) akan melakukan peninjauan ulang.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dasar guna menghitung besaran anggaran  dalam melakukan upaya penaggulangan bencana erosi yang sebelumnya merusak 10 hektar sawah.

Kabid kedaruratan dan Logistik Aliyurdin, S.Sos, M.H., mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite, M.M, mengatakan  pihaknya saat ini tengah berkoordinasi  dengan Dinas PUPR untuk menjadwalkan peninjauan ulang. Rencananya peninjauan akan dilaksanaka pekan ini.

“Kami masih berkoordinasi dan sudah menyampaikan surat ke Dinas PUPR, untuk melakukan peninjauan ulang, karena secara tekhnis kami harus menghitung anggaran untuk mengetahui apakah penanganan ini cukup menggunakan anggaran tak terduga di BPBD atau harus dari Dinas PUPR, kalau pun cukup kita harus melibatkan tim,” terangnya.

Sebab, menurutnya, untuk merealisaskan usulan normalisasi sungai tersebut, sejauh ini kemampuan anggaran di BPBD siap, namun normalisasi yang di maksud    adalah mengalihkan aliran sungai pada titik awal.

“Kalau normalisasi untuk mengalihkan ke titik awal tentu dengan anggaran tak terduga di BPBD cukup, tapi jika harus ada normalisasi dengan memperdalam aliran sungai jelas anggaran kami tidak memungkinkan,” kata dia.(edi/lus/mlo)



Pos terkait