BPBD Tanggamus Siaga 1×24 Jam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus, memberlakukan jam piket 1×24 jam kepada personilnya, untuk selalu siap melakukan penanggulangan jika sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam .

Langkah ini dilakukan menyusul peringatan dari BMKG terkait waspada cuaca ekstrem yang dikhawatirkan terjadi hingga Maret mendatang.

Bacaan Lainnya



Untuk itu, Kepala bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Tanggamus Edi Nugroho menugaskan sebanyak 6 orang personil untuk piket secara bergantian di posko kantor BPBD setempat pada setiap harinya .

“Adanya personil piket ini diharapkan jika terjadi bencana seperti tanah longsor dan lain lain, Personil BPBD bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan,” terang Edi Nugroho.

Misalnya jika terjadi tanah longsor, bisa cepat mengkoordinasikan penggunaan alat berat untuk evakuasi material longsor. Dimana BPBD sendiri saat ini miliki 1 unit alat berat eksavator .

Artinya, jika dibutuhkan eksavator lebih dari 1, maka bisa segera mengajukan pinjaman kepada Dinas PUPR yang memiliki 4 eksavator.

Karena sebagai daerah yang memiliki topografi alam pegunungan, lembah dan Pesisir pantai, wilayah Tanggamus rawan terjadi bencana, seperti tanah longsor dan banjir,  pungkasnya. (ehl/mlo)



Pos terkait