BPNT Berubah Jadi BSST

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Tanggamus menyatakan bahwa mulai tahun ini bantuan pangan non tunai (BPNT) tidak lagi diberikan dalam bentuk barang tapi berubah menjadi uang tunai.

Menurut Kepala Disos Tanggamus Zulfadli, bahwa BPNT yang tadinya disalurkan melalui e-Warung, tahun ini disalurkan melalui Kantor Pos.

Bacaan Lainnya


“Untuk nama bantuannya juga berubah dari BPNT menjadi bantuan sosial sembako tunai (BSST). Untuk di Tanggamus launching-nya, besok (Rabu 23 Februari 2022) di GSG Kecamatan Sumberejo pukul 08.00 WIB, bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,” kata Zulfadli, Selasa (22/2).

Zulfadli menjelaskannya, bahwa berdasarkan instruksi pemerintah pusat bahwa BSST memang harus segera dicairkan kepada yang berhak. Hal ini ditegaskan dalam surat dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dengan No.592-16/BS.01/2/2022 tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Sembako/BPNT.

“Jadi untuk pencairannya Januari-Maret 2022 yang dicairkan Februari ini serentak diseluruh Kantor Pos. Adapun besarannya setiap keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp200 ribu/bulan dikali tiga sehingga satu KPM mendapat bantuan Rp600 ribu untuk tiga bulan,” terangnya.

Masih kata Zulfadli bahwa, mekanisme pencairan BSST ini, sama halnya dengan bantuan sosial tunai (BST) beberapa waktu lalu. Yaitu Kantor Pos akan memberikan undangan kepada KPM. Dalam undangan tertera jadwal pengambilan. Hal ini untuk meminimalisir kerumunan.

“Disos dalam hal ini bersama Uspika di masing-masing kecamatan akan melakukan monitoring agar penyaluran bantuan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kerumunan,” pungkas Zulfadli.(ehl/rnn)


Pos terkait