BPP Gerak Tangani Serangan Hama Wereng di Kebuntebu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan gerakan bersama pengendalian hama  wereng coklat, di Kelompok Tani (Poktan) Semoga Jaya, Pekon Muarajaya II.

Gerakan bersama tersebut sebagai langkah penanggulangan terkait serangan wereng yang merata terjadi di areal persawahan di kecamatan tersebut karena dipantau sudah diluar ambang batas yang mengancam mematikan batang padi hingga gagal panen (puso).

Bacaan Lainnya



PPL Yazid mendamping Kepala BPP Nur Budiman, S.P. Menyebutkan di areal poktan Pekon Muarajaya II yang luasnya mencapai 25 Hektar, hampir Lima hektar sudah diserang dengan kerusakan diatas 50 persen.  

Menurut keterangannya hama wereng coklat memang menjadi salah satu ancaman tanaman padi, dengan memakan daun dan batang. Hama jenis itu biasanya muncul ketika masa tanam pada pergantian cuaca dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya dari musim hujan ke musim panas.

“Yang kita lakukan saat ini mengajak petani untuk melakukan penyemprotan dengan racun hama padi. Namun jika petani tidak dapat membeli racun tersebut, ada solusi lain dengan menyemprotkan cairan sabun (desinfektan) yang manfaatnya ketika wereng memakan daun atau batang akan mati,” sebutnya. 

Untuk diketahui saat ini usia tanaman padi di wilayah tersebut antara Satu Hingga Dua bulan. Dimana dimasa ini memang menjadi saat yang serangan hama wereng tersebut. (rin/mlo)



Pos terkait