BPS Kota Bandarlampung Mulai Pendataan di 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan

  • Whatsapp
Kepala BPS Kota Bandarlampung Akhmad Nasrudin

Medialampung.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandarlampung Akhmad Nasrudin  menjelaskan untuk petugas yang  dikerahkan sebanyak 625 orang yang tersebar di 20 kecamatan dan 126 kelurahan Kota Bandarlampung.

Pelaksanaan sensus dimulai sejak tanggal 1 hingga 30 September atau dapat dihitung efektif di lapangan sekitar 15 hari, namun dengan rentang waktu selama 30 hari.

Bacaan Lainnya



“Perlu saya sampaikan juga, sebanyak 625 petugas sudah menjalani rapid test dan Alhamdulillah hasilnya semuanya non-reaktif,” kata Akhmad Nasrudin. 

Lanjutnya, semua petugas sensus juga dilengkapi dengan atribut berupa rompi bertuliskan  sensus penduduk, ada tas, surat tugas dan nametag yang dilengkapi dengan barcode. 

“Semuanya tidak bisa palsukan untuk barcodenya Jika barcode discane nanti akan muncul foto, dan namanya. guna menghindari adanya pihak lain yang mengatasnamakan petugas sensus, dan menghindari penyalahgunaan dari orang lain,” imbuhnya.

Selain itu, demi kemananan ditengah pandemi COVID-19, petugas sensus juga dilengkapi dengan face shield, masker, sarung tangan dan handsanitizer.

Dalam pelaksanaannya, sambungnya, tidak ada petugas sensus yang meminta foto kopi KTP ataupun KK.  Petugas hanya melihat KK yang sudah terprint saja. 

“Sebenarnya dulu konsep awalnya  apabila telah dilakukan sensus secara online tidak dilakukan sensus manual,” akunya.

Akubat pandemi COVID-19, ada jeda sekitar 6 bulan, kemungkinan besar ada perubahan data, jadi sifatnya hanya dikonfirmasi apakah yang bersangkutan masih ada di lokasi itu atau tidak.

“Pendataan perdana sensus ini kita lakukan di rumah pak walikota, semua pelaksnaannya tidak sampai malam, begitu juga nanti bagi tunawisma yang ada di wilayah Kota Bandarlampung akan kita data,” tandasnya.(*/mlo)



Pos terkait