BPS Lambar Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK-WBBM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lambar melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan BPS Kabupaten Lambar melalui Virtual Meeting, Rabu (17/6).

Pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM itu dihadiri oleh Gubernur Lampung diwakili asisten, Kepala BPS Provinsi Lampung, Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta para saksi, serta  pegawai BPS.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengungkapkan, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah  Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kata dia, pencanangan pembangunan zona integritas adalah langkah awal dan bagian dari menyukseskan Reformasi Birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaran pemerintah yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima dan memuaskan.

“Pencanangan ini juga merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi yang diamanatkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” ungkap Parosil.

Ia menjelaskan, reformasi birokrasi yang menjadi komitmen seluruh institusi beserta aparatur pemerintah dan pelayanan publik, dapat dinilai dari seberapa besar perubahan mendasar yang dilakukan, yang mampu membentuk karakter aparatur birokrasi secara pribadi maupun kelembagaan, yang pada akhirnya dampak positif dari perubahan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

Hal ini dapat dimulai dengan upaya strategi membangun karakter aparatur dan organisasi yang beretika dan profesional. Dengan demikian, melalui hal tersebut diharapkan setiap institusi dan aparaturnya memiliki akuntabilitas dan kualitas kinerja yang semakin baik, sehingga harapan publik terhadap pelayanan yang berkualitas, hasilnya tuntas dan terukur serta mudah diakses, dengan sendirinya akan terwujud.

“Saya selaku Bupati Lampung Barat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan Pencanangan Zona Integritas yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat ini. Pencanangan ini merupakan komitmen dan tekad dari seluruh aparatur Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yang merupakan salah satu indikator terbaik atas kinerja pelayanan publik dan pencegahan terhadap perilaku korupsi,” ucap Parosil

Dengan membangun zona integritas, lanjut dia, diharapkan BPS Kabupaten Lampung Barat dapat melakukan langkah-langkah yang nyata dan terukur dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Pencanangan zona integritas ini juga merupakan stimulan yang besar bagi seluruh aparatur yang ada di BPS Kabupaten Lampung Barat untuk bekerja dengan lebih keras, jujur dan berdedikasi tinggi, sebagai dukungan dan komitmen kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lambar Amiruddin, S.Si, M.M, mengatakan, dalam pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM ini ada tiga saksi yaitu Bupati Lambar mewakili pemerintah daerah, Kejaksaan Negeri mewakili penegak hukum serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mewakili masyarakat. (lus/mlo)



Pos terkait