BRI Berikan Bantuan Mesin Pencacah Plastik untuk Warga Sukarame

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – BRI melalui CSR memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Bandarlampung untuk revitalisasi sungai dan taman bermain permata biru, tempat Jl. Pulau Sebesi Kecamatan Sukarame, Selasa (15/12).

Direktur Human Capital Herdy Rosadi Herman mengatakan, Sungai Sukarame dipilih sebagai penerima bantuan konservasi berdasarkan lokasi masuk permukiman padat penduduk dengan jumlah +1500 KK dan berada di dekat 2 universitas, yakni UIN (Universitas Negeri Islam) Raden Intan Lampung dan ITERA (Institut Teknologi Sumatra).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya memang sungai tersebut memiliki air yang sangat kotor dan mengalami pendangkalan, akibat masyarakat yang belum peduli dengan lingkungan dan membuang sampah di sungai, ada dua Program Konservasi Kawasan Sungai Sukarame yaitu Bersih-Bersih Sungai (BRI Clean) dan Sosialisasi Sampah Jadi Duit.

“Seperti membersihkan tanaman eceng gondok, pengerukan lumpur dan sampah, pengecatan dinding sungai dan membangun sarana dan prasarana seperti penghijauan dan pembuatan taman,” tuturnya

Lebih lanjut Herdy Rosadi Herman menjelaskan, melalui Program Sampah Jadi Duit, BRI memberikan sosialisasi terkait edukasi pengelolaan sampah kepada warga kelurahan Sukarame dan Kelurahan Sukarame Baru.

Adapun mekanisme pengelolaannya yaitu dengan dilakukan pemilahan untuk memisahkan sampah-sampah non organik seperti botol, sampah plastik dan sampah lainnya

“BRI juga telah menyiapkan 2 (dua) unit mesin pengolah sampah yang akan diserahkan secara simbolis kepada warga. Dan nantinya dengan adanya mesin penghancur sampah plastik akan diolah yang tadinya sampah akan dicacah menjadi lebih kecil kemudian dijual ke pengepul yang telah bekerjasama,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sukarame Zalahudin Zam Sani mewakili Walikota Bandarlampung Herman HN yang berhalangan hadir, mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BRI yang telah membantu program konservasi sungai. 

Dia menjelaskan jika program BRI CSR mengajak untuk seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan pengelolaan yang baik khususnya merevitalisasi sungai sehingga berfungsi serta memiliki ruang terbuka hijau.

“Programs BRI CSR disambut baik Pemerintah Kota Bandarlampung dan berharap menjadi contoh bagi semua perusahaan yang berada di wilayah Bandarlampung kita berterima kasih sudah diberikan bantuan berupa mesin penghancur sampah ini,” ujar Zalahudin. 

“Mesin penghancur sampah akan menjadi uang, mudah-mudahan ini terwujud dan bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya.(*/mlo)


Pos terkait