Buffer Stok Habis, Dinsos Kembali Siapkan 400 Paket

  • Whatsapp
Kabid Pembangunan Pekon DPMP Kabupaten Lambar Pathan, S.E, M.M

Medialampung.co.id – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menyebabkan buffer stock yang disiapkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Barat sangat cepat terserap. Betapa tidak, dari 97 paket yang disiapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2021 telah habis terserap pada bulan Januari lalu. 

Kabid Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Lambar Pathan, SE, MM., mengungkapkan, karena buffer stock telah habis maka pihaknya kembali mengajukan dengan sumber anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) untuk 400 paket. Jumlah tersebut, belum dipastikan akan mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun mendatang. 

Bacaan Lainnya


“Beberapa waktu lalu pemberian buffer stock kepada masyarakat yang terdampak musibah terhenti karena stok habis, dan saat ini insha Allah sudah kembali tersedia, dan siap disalurkan kepada masyarakat yang terkena musibah, ” kata dia. 

Menurut Pathan, selain buffer stock tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam seperti longsor, kebakaran dan lainnya, itu juga diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak bencana non alam, seperti pasien Covid-19 hingga konflik gajah. 

“Pada awal tahun lalu peningkatan yang signifikan pada jumlah pasien Covid-19 hingga konflik gajah yang terjadi di Suoh dan BNS menyebabkan buffer stock sangat cepat habis, bahkan dari stok yang kami sediakan habis dalam waktu bulan saja, ” kata dia menambahkan. 

Lanjut Pathan, ketika nantinya buffer stock yang disediakan kembali habis terserap, maka tentu pihaknya akan kembali mengupayakan, dengan mengusulkan untuk dilakukan penambahan. Terlebih pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. “Kita doakan saja semoga Pandemi ini bisa segera berakhir, kemudian bencana alam berkurang,” imbuhnya. (nop/mlo)




Pos terkait