Buka MPLS Daring, Budi Wiryawan Semangati Siswa Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sesuai kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021, SMA Negeri 2 Liwa Kabupaten Lambar mengawali kegiatan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Kali ini Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan dalam jaringan (online) selama tiga hari kedepan, Senin-Rabu (13-15/7). Budi Wiryawan, S.Pd., selaku Kepala Sekolah membuka acara melalui kanal Youtube SMA Negeri 2 Liwa, Senin (13/7).

Bacaan Lainnya



Mengusung tema “Semangat Berjuang Bersama Menuju SMA Negeri 2 Liwa Hebat dan Berjaya”. Panitia menjabarkan ke dalam 12 materi, antara lain  Pengenalan Visi, Misi, dan Program Unggulan Sekolah, Pola Hidup Sehat di tengah Pandemi dan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Sekolah, Kurikulum Sekolah, Cara Belajar Efektif dan Metode Pembelajaran, Pengenalan Tata tertib Sekolah, Pengenalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Wawasan Wiyata Mandala, Gerakan Literasi Sekolah, Kepramukaan, Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas bagi Generasi Muda, Penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Pengenalan Situs Megalitikum Batu Berak, serta Pengenalan Kopi Robusta Lampung Barat.

“MPLS kita laksanakan secara daring. Seluruh peserta didik baru bergabung ke grup WhatsApp kelompok yang sebelumnya telah kita informasikan melalui website sekolah. Kemudian setiap kelompok akan didampingi oleh guru pendamping. Semua teknis kegiatan dibagikan melalui grup tersebut,” ujar Budi Wiryawan.

Masih menurut Budi, pelaksanaan MPLS memiliki dasar Permendikbud No.18/2016 tentang Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru, Surat Edaran (SE) Mendikbud No.4/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kenormalan Baru pada Satuan Pendidikan terkait masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung.

Pada video pembukaan, Budi menyampaikan permintaan maaf karena belum bisa bertatap muka langsung dan berharap peserta didik baru bisa mengikuti agenda sesuai jadwal. Meskipun secara daring, dia berharap semua peserta aktif dan selalu semangat.(lus/mlo)



Pos terkait