Bulan Vitamin A, Orang Tua Diminta Bawa Balita ke Posyandu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat bersama UPT Puskesmas setempat mengingatkan orangtua agar membawa anak bawah lima tahun ke fasilitas kesehatan, untuk mendapat penyaluran kapsul vitamin A.

Setiap tahun, tepatnya di bulan Februari dan agustus merupakan bulan pemberian vitamin A bagi balita. 

Bacaan Lainnya

“Kepada orang tua, terutama Ibu-ibu, bulan Februari dan Agustus adalah bulan Vitamin A bagi balita. Sehingga kita ingatkan kepada orang tua agar jangan lupa ya segera bawa putra-putrinya ke puskesmas, posyandu, atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan kapsul vitamin A secara gratis,” ujar Sekcam Galih Joko Purnomo mewakili Camat Batubrak Mat Suhyar saat menghadiri pemberian vitamin A di Posyandu Waysuluah, Pekon Canggu. 

Di hadapan ibu-ibu yang hadir, ia menjelaskan, masa balita merupakan masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga pada masa ini perlu asupan vitamin A dengan jumlah yang cukup.

“Kita juga minta seluruh kader posyandu untuk terus aktif melakukan sosialisasi dan mengajak warga untuk menyukseskan program ini. Karena Kesehatan balita adalah investasi bagi sumber daya manusia kita di masa depan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan S.K.M, menerangkan bahwa  Pemberian vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi risiko kelainan pada mata, serta mencegah kebutaan. Vitamin A juga meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap penyakit Seperti, campak, diare, dan infeksi saluran pencernaan akut.  

“Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan anak. Sehingga mencegah anak menjadi stunting. Sehingga orang tua harus segera membawa balitanya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vitamin A,” pintanya 

Melalui kegiatan ini, Nezwan berharap cakupan pemberian vitamin A di Kecamatan Batubrak dapat sesuai target. Sehingga anak-anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

“Pemberian vitamin A merupakan bagian dari upaya membangun SDM yang sehat. Dengan rutin mendapat vitamin A setiap Februari dan Agustus, diharapkan nantinya anak-anak di Batubrak tumbuh menjadi insan yang sehat, cerdas, dan bebas stunting,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait