BUMDes Bersama di Lambar Bakal Dibentuk

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lambar Ronggur L Tobing, S.I.P, M.Si.

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) berinisiatif untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. 

Kepala DPMP Ronggur L. Tobing, S.I.P, M.Si mengungkapkan, selama ini ada sejumlah BUMdes mengalami kendala untuk berkembang, hal itu kemungkinan disebabkan adanya permasalahan, misalnya dari segi pendanaan kurang, begitu juga sumber daya manusia (SDM)-nya sehingga dengan adanya beberapa BUMdes yang bergabung membentuk BUMdes bersama maka akan maju dan berkembang. 

Bacaan Lainnya



“Untuk tahap awal BUMDes bersama akan dibentuk di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh dan BUMdes bersama itu nantinya akan bergerak dibidang usaha pengumpulan gabah diolah menjadi beras yang telah dipacking. karena selama ini mesin mereka kecil sehingga produksinya terbatas sehingga hasilnya kurang bagus,” kata Ronggur di Ruang Kerjanya, Selasa  (11/8).

Selama ini, kata Ronggur, beras dari petani yang bagus masuk ke daerah Kabupaten Tanggamus kemudian dipacking dan dijual kembali ke Kabupaten Lambar.

“Nah kedepan, kita berharap gabah atau beras dari petani di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh dapat dijual ke BUMdes Bersama kemudian diolah dan dipacking untuk dipasarkan di Kabupaten Lambar,” imbuhnya

Lanjut dia, untuk beras produksi dari Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh nanti akan ada regulasi dari bupati bahwa aparatur sipil negara (ASN) wajib menikmati produksi beras lokal sementara untuk harga disesuaikan dengan harga pasar.

“BUMDes akan mengusahakan menggunakan mesin dengan skala besar sehingga produksinya lebih banyak,” imbuhnya

Kata Ronggur, rencananya pada September mendatang BUMDes Bersama akan dilauching oleh bupati dan akan mengundang Pemerintah Provinsi Lampung.

“Untuk investasi berasal dari masing-masing pekon dengan menggunakan anggaran 2021 sehingga di tahun tersebut usaha BUMDes Bersama sudah mulai jalan dan usahanya  bisa dikelola sendiri,” kata dia

Seraya menambahkan, BUMDes Bersama juga nantinya akan dibentuk di Kecamatan Gedungsurian dan Kecamatan Airhitam dengan jenis usaha kopi dan pupuk, serta diharapkan di kecamatan lainnya juga dibentuk BUMDes Bersama.

“Kita berharap dengan adanya BUMDes Bersama ini maka keberadaan BUMDes di Kabupaten Lambar akan lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait