BUMDes Purawiwitan Terus Kembangkan Produksi Kopi PM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Usaha Kopi Robusta Petik Merah (PM) milik Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang menjadi salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat terus dikembangkan.

Dari hasil peninjauan di rumah produksi Unit usaha PM yang terletak di Tempat Wisata Edukasi Purawiwitan (PW) itu, pengembangan usaha yang dilaksanakan sejak sekitar dua tahun itu bukan hanya memperoduksi kopi dalam jenis kopi bubuk (Ground coffee), tapi juga dalam bentuk biji yang tinggal di olah seperti green bean, roasted bean.

Bacaan Lainnya



Pengelola Kopi PM Wahrian Adi Tio menyebutkan, selain perkembangan usaha dengan terus bertambahkanya permintaan (penjualan), Kopi yang diproduksi BUMDes tersebut juga kerap kali mengikuti lomba cita rasa dan perlombaan lainnya. Seperti dalam lomba Uji Cita Rasa (cupping) di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2018 lalu dan berhasil meraih juara umum kelas kopi robusta. Kemudian di tahun 2019 berhasil menjadi juara III lomba di Festival Bunga dan Buah Expo Kopi Nusantara IPB.

Disebutkannya, beberapa keunggulan Kopi PM hingga memiliki tempat sendiri untuk para penikmat kopi dan berhasil meraih prestasi di berbagai event, karena kekhasannya yang menggunakan biji kopi yang berkualitas dan dipetik saat biji kopi matang sempurna, dalam penjemurannya juga tidak menyentuh tanah, serta beberapa inovasi lainnya termasuk menggunaan mesin rosting.

“Alhamdulilah Usaha Kopi PM ini juga mendapat perhatian dari Bupati Parosil Mabsus (PM) yang memberikan dukungan agar usaha ini terus dikembangkan hingga upaya pemasaran yang baik supaya lebih dikenal bukan hanya di pasar lokal, namun hingga pasar internasional,” ungkapnya.

Peratin Purawiwitan, Romli berharap usaha Kopi PM akan terus berkembang dan bukan saja mampu menambah penghasilan BUMDes, tapi juga mampu memerdayakan masyarakat. Sehingga apa yang dicita-citakan bupati untuk menjadikan kabupaten itu sebagai Kabupaten Hebat dan Sejahtera bisa terwujud.(ius/mlo)



Pos terkait