BUMDes Sumberalam Lirik Potensi Wisata Way Besai

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tahun ini (2021) potensi wisata yang dimiliki Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mulai dilirik pemerintahan pekon melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk dibangkitkan.

Akhir pekan kemarin menjadi titik awal, pemuda-pemudi bersama aparat pekon yang dipimpin Peratin Husain, meninjau lokasi Sungai (Way) Besai yang berada tidak seberapa jauh dari pusat pekon tersebut.

Bacaan Lainnya

Dimana Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sumber mata air-nya dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu, rencananya akan dikelola menjadi tempat wisata, seperti lokasi bermain air, dengan kondisi air yang masih steril atau tidak terkontaminasi dengan limbah seperti sampah atau sejenisnya karena dari hulu hanya melintasi hutan-hutan dan perkebunan kopi.

Peratin Husain menyebutkan, lokasi sungai tersebut rencananya akan dikelola sedemikian rupa oleh BUMDes bersama pemuda-pemudi. Sasaran tempat wisata yang alami. Dengan dukungan fasilitas seperti gazebo, sarana Mandi Cuci dan Kakus (MCK) dan berbagai pendukung lainnya seperti jenis makanan yang diproduksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kelompok maupun perorangan, yang akan memanjakan pengunjung (wisatawan). 

“Di era sekarang ini, tidak bisa dipungkiri banyak diantara masyarakat, bahkan kita semua merindukan masa-masa kecil seperti bermain di alam bebas, mandi di kali, menikmati indahnya panorama alam yang masih alami di tengah kesibukan dan kondisi yang sekarang serba instan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, tahun ini menjadi rencana awal bagi Pekon Sumberalam membangkitkan potensi wisata Way Besai yang melintasi pekon tersebut. 

“Besar harapan kami, jika DAS Way Besai ini dikelola menjadi tempat wisata, selain keadaan air yang masih steril, juga lokasi yang sangat dekat dari pusat pekon yakni Pasar Sumberalam,” jelasnya. 

Karena itu, melalui peran serta atau keterlibatan langsung kaum muda, dengan pemikiran yang milenial, pemerintahan pekon dan masyarakat sangat yakni pembangkitan destinasi wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada mampu terwujudkan. 

Dengan sasaran lain, kedepannya berimbas pada kegiatan di sektor lainnya bahkan mampu mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat. (r1n/mlo)




Pos terkait