Bumi Ratu Gelar Musyawarah RKP Tahun 2022

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka persiapan pembangunan, serta pelaksanaan progam kegiatan melalui anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Pekon (ADP). Pemerintahan Pekon Bumi Ratu Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022, yang dipusatkan di Balai Pekon setempat, Kamis (2/9).

Dalam kegiatan itu dihadiri Peratin Pekon Bumi Ratu, Zaini Firdaus, perwakilan LHP, LPMP, PLD, PKK, perangkat Pekon, tokoh masyarakat serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Peratin Bumi Ratu, Zaini Firdaus, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan tahap awal dalam rencana penyusunan RKP Pekon Bumi Ratu tahun 2022 mendatang. Karena itu kini Pekon setempat baru melaksanakan pembentukan dan penetapan tim penyusunan RKP. Sedangkan, terkait dengan prioritas usulan nantinya masih tetap mengarah pada potensi dan masalah di Pekon berdasarkan rekomendasi tim SDGs Desa tahun 2021.

“Untuk sementara ini kita baru membentuk tim penyusunan RKP Pekon, sekaligus menyampaikan beberapa Peraturan Menteri Desa (Permendes) dan menerima usulan warga,” katanya.

Dijelaskannya, dalam usulan untuk RKP tahun 2022 tetap mengarah pada potensi Pekon sesuai rekomendasi tim SDGs Desa seperti di bidang pembangunan infrastruktur karena ada pandemi Covid-19, sehingga untuk rencana pembangunan infrastruktur di Pekon terjadi banyak penundaan. Meski begitu, pembangunan tetap akan menjadi fokus pemerintahan Pekon setempat.

“Baik yang mampu didanai dengan menggunakan anggaran dana desa maupun upaya lainnya melalui usulan pembangunan ke Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Masih kata dia, di tahun anggaran 2022 mendatang tetap memprioritaskan penanganan Covid-19, serta mendukung sektor prioritas lain yang ditetapkan. Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat di Pekon setempat turut berperan aktif menyampaikan usulan ke tim penyusunan RKP.

“Penyampaian usulan melalui tim RKP itu diharapkan akhir September nanti sudah disampaikan oleh masyarakat, nanti akan disusun dan ditetapkan bersama sesuai usulan dan rekomendasi capaian SDGs Desa,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait