Bunda Eva: Penataan Wilayah Pesisir Dilaksanakan November-Desember 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walikota Bandarlampung Eva Dwiana berencana menata permukiman warga pesisir di Teluk Lampung kawasan kota setempat untuk mendukung destinasi wisata bahari pada November-Desember 2021.

Bunda Eva–sapaan akrab Eva Dwiana–mengungkapkan, bahwa dirinya sudah memaparkan kawasan pesisir akan ditata kerjasama dengan Kementerian PUPR.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah respon dari pusat bagus.kita akan menata kawasan pesisir menjadi lebih baik dan indah, nantinya menjadi tempat pariwisata,” ucap Bunda Eva kepada Medialampung.co.id usai acara penanam pohon di ruang terbuka hijau Universitas Lampung, Senin (27/9).

“Nanti kita lihat, (penataan) itu untuk (rumah) yang terbuat dari geribik akan dibantu oleh pusat, Pemkot hanya mendata saja, termasuk rumah yang catnya sudah mulai kusam akan kita bagusin dan terlihat lebih cerah,” ucap dia.

“Kita mendapatkan jatah lebih dari 1.270 unit rumah untuk penataan permukiman warga pesisir,dan itu suatu kepercayaan pemerintah pusat kepada Pemkot Bandarlampung,” terang Walikota Bandarlampung.

“Insyaallah November-Desember bisa dilaksanakan, dan jika ini sukses kita akan mendapatkan lagi 5.000 unit. Bappeda tadi sudah pantau,” jelas dia

Namun, lanjut Bunda Eva Dwiana, ia menegaskan bahwa Pemkot tidak akan melakukan penggusuran untuk penataan kawasan di pesisir Kota Bandarlampung.

Sebelumnya Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah, mengatakan beberapa bulan lalu bahwa kawasan pesisir di Kota Bandarlampung yang akan ditata meliputi 4 wilayah yaitu Kecamatan Panjang, Bumi Waras, Telukbetung Selatan, dan Telukbetung Timur.

”Kita prioritas penataan di kawasan ada di Kecamatan Panjang dan Bumi Waras.” tutur dia

Pemerintah kota, lanjut dia, akan menentukan sejumlah titik lokasi bedah rumah di kawasan pesisir sementara pengerjaannya dilakukan oleh pemerintah pusat.

”Misalnya mereka minta di satu kawasan, jadi dalam satu kawasan itu misalnya Panjang atau Bumi Waras, kalau itu ditetapkan, mereka akan buat penataan daerah pesisir dari aspek bedah rumahnya,” ujar dia.

“Dalam kawasan yang sama kita juga akan merapikan semua trotoar dan jalan yang memasuki wilayah pesisir,” kata Khaidarmansyah.(*/mlo)


Pos terkait