Bunga Bangkai Kembali Muncul di Basungan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) khususnya yang masih penasaran atau ingin melihat langsung bunga bangkai, tak harus jauh-jauh ke Provinsi Bengkulu yang dikenal dengan bunga reflesianya, cukup ke Pekon Basungan, Kecamatan Pagardewa.

Diperkirakan bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanium tersebut pada Rabu-Kamis besok akan mencapai puncak mekarnya sebagaimana perkiraan dari perkembangan batang saat ditemukan beberapa waktu lalu oleh warga bersama Aparatur pekon dan warga Peduli Puspa langka Kabupaten Lambar, Mang Encak dan kawan-kawan.

Bacaan Lainnya


Disebutkan, Mang Encak yang akrab disapa Ncak mengatakan, berdasarkan perkiraan dari hasil pengecekan yang dilakukan, umbi bunga Amorphophallus Titanium tersebut lebih dari 100 tahun. Artinya keberadaan bunga bangkai di lokasi hutan Pekon Basungan tersebut sudah lama ada, namun belum diketahui.

Pihaknya menyebutkan, proses perkembangan bunga bangkai tersebut dari awal tumbuh berjalan hingga Satu bulan sampai puncak mekar, dengan lama waktu mekar lebih kurang selama tiga hari, dengan mengeluarkan aroma kurang sedap, meski dengan kondisi bunga yang terlihat indah dengan puncak ketinggian 2,5 meter. “Setelah ini mati akan muncul lagi bunga bangkai lainnya yang ditunaskan dari umbi yang sudah terkubur ratusan tahun,” kata dia.

Dijelaskan Mang Ncak keberadaan bunga Amorphophallus Titanium dapat saja menjadi potensi wisata dalam rangka mengenalkan Pekon Basungan, apalagi lokasinya di dalam hutan yang masih terjaga dan tak jauh dari pemukiman serta dekat dengan lokasi air tejun yang terdapat di pekon tersebut.

Hanya tinggal bagaimana cara pekon menyebarluaskan informasi ketika bunga tersebut mekar agar para wisatawan dapat pengetahui dan berkunjung. “Ini jadi potensi besar di bidang wisata untuk pekon ini, tinggal bagaimana menata lokasi agar ketika bunga mekar warga tahu,” ujarnya. (ius/mlo)



Pos terkait