Bunga Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar di Rhino Camp

Medialampung.co.id – Bunga Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Rhino Camp, Resort Sukaraja Atas, kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Kepala Resort Sukaraja Atas, Jubaidi, mengaku, setiap tahun bunga rafflesia arnoldi yang ada di wilayah Rhino Camp resort Sukaraja Atas itu selalu mekar, karena di wilayah itu merupakan salah satu habitat keberadaan rafflesia di kawasan hutan TNBBS.

Bacaan Lainnya


“Ada satu bonggol bunga rafflesia arnoldi yang mulai mekar, mudah-mudahan besok (31/12) sudah bisa mekar sempurna,” katanya, Kamis (30/12).

Dijelaskan, bunga rafflesia yang mekar sempurna itu membutuhkan proses yang cukup lama. Karena itu, selain langka, keberadaan habitat bunga rafflesia juga merupakan salah satu potensi yang kerap menjadi daya tarik masyarakat dan pihak terkait lainnya yang ingin mengetahui bunga rafflesia arnoldi di kawasan TNBBS.

“Keberadaan habitat bunga rafflesia arnoldi di Rhino Camp Sukaraja Atas ini biasa tidak hanya berada di atas tanah saja, tapi ada juga yang menempel pada akar dahan,” jelasnya.

Masih kata dia, dengan adanya potensi bunga rafflesia arnoldi yang berada di Rhino Camp Resort Sukaraja Atas itu diharapkan bisa terus terjaga dengan baik dan maksimal. Sehingga, bagi masyarakat yang memang sengaja ingin berkunjung untuk melihat langsung bunga rafflesia arnoldi yang mekar sempurna itu agar dapat menjaga lingkungan di kawasan TNBBS itu dengan baik dan tidak merusak lingkungan maupun kondisi habitat bunga rafflesia tersebut.

“Kami tetap akan terus memantau kondisi bunga rafflesia arnoldi yang ada di kawasan TNBBS tersebut, karena memang itu merupakan tanaman yang langka dan dilindungi, sehingga masyarakat tetap harus ikut menjaganya dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) TNBBS Wilayah II, Jimmy Fonda, mengatakan, habitat bunga rafflesia arnoldi yang ada di wilayah Rhino Camp resort Sukaraja Atas itu setiap tahun selalu mekar, dan menjadi salah satu potensi di kawasan hutan TNBBS.

“Bunga rafflesia disini memiliki pertumbuhan yang cukup baik, seperti sekarang, salah satu bunga rafflesia arnoldi itu mudah-mudahan besok pagi (31/12) kembali mekar sempurna,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait