Bunga Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar Sempurna

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bunga Rafflesia Sumatera jenis Rafflesia Arnoldi yang ada Resort Sukaraja atas Pal 50 di Camp Rhino wilayah kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) perbatasan Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat-Kabupaten Tanggamus, kembali mekar sempurna.

Kepala Resort Sukaraja, Jubedy, mengatakan, bunga Rafflesia Arnoldi itu mulai mekar sempurna sejak Selasa (15/12) lalu, bahkan masih ada beberapa bonggol (rafflesia) yang siap mekar sempurna. Keberadaan bunga rafflesia arnoldi di wilayah TNBBS itu rutin mekar setiap tahun seperti di tahun 2019 lalu.

Bacaan Lainnya


“Bunga rafflesia yang mekar sempurna itu membutuhkan proses yang cukup lama, dan keberadaan bunga rafflesia itu juga merupakan salah satu andalan di kawasan TNBBS ini,” katanya, Jumat (18/12).

Dijelaskannya, bunga rafflesia yang telah mekar sempurna itu tidak hanya berada di atas (lantai) tanah hutan saja, melainkan juga ada yang menempel di akar dahan. Sehingga ini menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat dan pihak terkait lainnya yang ingin mengabadikan momen tersebut.

“Kita berharap masyarakat atau pihak terkait lainnya yang akan melihat langsung bunga rafflesia itu tetap menjaga dan tidak merusaknya. Kita juga akan terus memantau perkembangan bunga rafflesia ini,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Resort TNBBS Pemerihan, Kirno, mengatakan bahwa bunga rafflesia yang ada di wilayah resort TNBBS Sukaraja atas itu, kini sudah banyak yang mekar sempurna. Pihaknya  berharap masyarakat yang akan melihat langsung agar tetap menjaga kelestariannya.  

“Pertumbuhan bunga rafflesia di wilayah itu cukup bagus, seperti yang saat ini sedang mekar  menjadi salah satu kebanggaan bahwa kawasan hutan TNBBS yang ada di wilayah ini memiliki bunga raksasa,” tandasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun Instagram (IG) BBTNBBS, bunga rafflesia yang mekar di akar pada ketinggian 170 cm itu memiliki diameter 62 cm, dan untuk yang mekar di lantai hutan berdiameter 75 cm.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait