Bunga Rafflesia Mekar di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BANGKUNAT – Selain Provinsi Bengkulu, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) juga memiliki potensi bunga Rafflesia Sumatera jenis Rafflesia Arnoldii. Diketahui, bunga Rafflesia yang tumbuh di Pesbar itu sejak awal 2000 silam.

Seperti yang ada Resort Sukaraja Pal 50 di Camp Rhino wilayah kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kecamatan Bangkunat, telah ditemukan puluhan bunga bangkai raksasa itu yang masih kuncup maupun sedang mekar.

Bacaan Lainnya



Tim Reaksi Cepat (TRC) TNBBS yang juga selaku pengurus Rhino Protection Unit (RPU) Yayasan Badak Indonesia (Yabi), Hendra Wijaya, mengatakan bahwa, bunga Rafflesia Arnoldi itu mulai mekar sejak beberapa hari lalu, dan juga masih banyak bonggol bunga (kuncup) yang siap mekar dalam dua sampai tiga hari, bahkan dua minggu kedepan.

“Jumlahnya puluhan, baik yang ada di atas tanah maupun yang menempel di batang pohon,” kata dia, Senin (24/6).

Lanjutnya, untuk jumlah bunga Rafflesia yang sudah mekar sempurna saat ini ada tiga bunga, sedangkan bonggol bunga yang masih kuncup dan siap mekar ada sekitar lima bunga dan itu diatas pohon karena menempel di batang. Sedangkan calon bunga yang masih kecil ada sekitar 10 an lebih.

“Bunga rafllesia yang ada di dalam kawasan hutan TNBBS wilayah ini yang tidak jauh dari perbatasan Tanggamus memang setiap bulannya ada yang mekar, karena di wilayah kawasan ini merupakan plot atau habitat bunga rafflesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatnarkoba Polres Lambar, Iptu Junaidi, S.H., mendampingi Kapolres Lambar, AKBP.Doni Wahyudi, S.Ik., yang menyempatan diri berkunjung untuk melihat bunga rafllesia yang mekar di wilayah TNBBS tersebut mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan merawat bunga rafflesia yang merupakan salah satu jenis bunga yang langka itu.

“Kita mengimbau warga agar jangan merusak dan ikut menjaga tanaman bunga rafflesia tersebut,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait