Bupati Lambar Resmikan Kantor Baru BRI Cabang Liwa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna lebih meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada nasabah, BRI Kantor Cabang Liwa meresmikan gedung baru di Jl. Raden Intan Lk. Sukajadi II, Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, Senin (12/4). 

Gedung baru yang berdiri di atas sertifikat hak milik BRI dengan luas lahan 5.210 m² dan total luas bangunan 1.055 m² tersebut diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Lampung Barat, Bupati Hi. Parosil Mabsus yang secara simbolis ditandai dengan pelepasan balon serta pemotongan pita dengan didampingi langsung oleh Pimpinan Wilayah BRI Bandarlampung untuk Wilayah kerja Lampung dan Bengkulu Hari Purnomo, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Bandarlampung Dwi Setyo Suyoko serta Pimpinan Kantor Cabang BRI Liwa Tunjung Yudho Wahono. 

Bacaan Lainnya



Ceremony peresmian gedung baru dengan menerapkan protokol Covid-19 tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0422/LB Letkol Czi Beni Setiawan, S.T., M.Tr., (Han), Kapolres Lampung Barat yang diwakili oleh Kasat Sabhara Iptu Rekson Syahrul, Kepala Kejari Liwa yang diwakili oleh bagian pemeriksa Kejari Liwa Rifqi Leksono, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Liwa yang diwakili oleh Akhmad Budiawan, S.h., M.H., seluruh Pemimpin Kantor BRI Unit Cabang Liwa meliputi lima wilayah Kabupaten Lampung Barat yakni Kantor BRI Unit Liwa, Sukau, Sekincau, Fajar Bulan, Sumber Jaya, dan dua Kantor BRI Unit wilayah Pesisir Barat yakni Kantor BRI Unit Krui dan Pasar Minggu serta hadir seluruh jajaran staff dan karyawan Kantor Cabang BRI Liwa dan tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Pemimpin Wilayah BRI Bandarlampung untuk Wilayah Kerja Lampung dan Bengkulu Hari Purnomo menuturkan terima kasih kepada masyarakat Lampung Barat, dari keberlimpahan kekayaan alam dan kondisi wilayah yang kondusif, Alhamdulilah kantor Cabang BRI Liwa dapat didirikan dan diresmikan di awal hari yang baik, Senin (12/4) sekaligus menjelang hari pertama puasa Ramadhan 1442 Hijriah. 

Dalam kesempatan itu, dia juga menuturkan bahwa BRI Kantor Cabang Liwa berdiri pada tahun 2012, sebelumnya berstatus sebagai Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berada di bawah supervisi Kantor Cabang Kotabumi. Kantor Cabang BRI Liwa membawahi Unit Supervisi sebanyak Tujuh Kantor BRI Unit yang mencakup Lima Kantor Unit di Wilayah Kabupaten Lampung Barat serta dua Kantor Unit di Wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

“Saat ini Kantor Cabang BRI Liwa memiliki Jaringan Tujuh Kantor BRI Unit, satu teras, 20 mesin Automatic Teller Machine (ATM), tujuh Cash Recycling Machine (CRM), satu unit mobil layanan teras keliling, 15 EDC Merchant dan 215 Agen BRI Link,” ungkapnya

Terusnya, kinerja Bank BRI Kanca Liwa sebagai penggerak usaha sektor UMKM terus berkembang, hal ini dilihat dari penyaluran pinjaman sampai dengan 31 Desember 2021, dengan total Kredit sebesar 752 M/18.054 Debitur. Sedangkan Total Simpanan adalah sebesar 704 M/229.507 Nasabah.

Pada era pandemi sejak tahun 2020 Bank BRI Liwa aktif melakukan penyaluran program pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Program Bantuan Pemerintah Usaha Mikro sebesar 4.249 penerima, penyaluran Bantuan sosial dan lain sebagainya. Selain itu, dalam rangka peningkatan pelayanan nasabah Bank BRI Kanca Liwa saat ini telah menjalankan program transformasi Digital Payment dengan konsep Ecosystem Digital Payment Banking yakni Memiliki Ekosistem Smart Billing dan Brimola transaksi pembayaran, Transaksi Pembayaran Uang Elektronik melalui BRIZZI, Transaksi Pembayaran Ritel di Pasar UMKM (QRIS BRIMO); Web Pasar BRI, Payroll Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan CMS BRI serta Pembayaran di Toko Modern melalui EDC Merchant BRI.

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Liwa telah melakukan relokasi unit kerja yang semula di Jl. Raden Intan No.14 Waymengaku, Balikbukit, Lampung Barat ke lokasi yang baru dengan alamat Jl. Raden Intan, Lingkungan Sukajadi II, Waymengaku, Balikbukit, Lampung Barat.

“Dengan adanya gedung baru Kantor Cabang BRI Liwa ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perbankan terhadap masyarakat Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat khususnya Kota Liwa dan sekitarnya. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk memastikan bahwa pelayanan operasional telah beroperasi dan dapat melayani nasabah sebagaimana mestinya, terutama tertib dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19,” paparnya

“Semoga kehadiran BRI dapat memberikan nilai tambah dalam pembangunan Lampung Barat. Kehadiran kami untuk turut serta mengembangkan ekonomi bagi masyarakat di Lampung Barat dan ingin membangun sosial value serta meningkatkan social solution,” tutupnya

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengapresiasi kehadiran BRI di Lampung Barat yang saat ini telah memasuki tahun keempat kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin.

“Kami merasakan peran besar BRI salah satunya selalu hadir dalam pembagian sertifikat PTSL yang merupakan salah satu program pemerintah pusat selain itu BRI juga selalu ikut berperan dalam Musyawarah perencanaan pembangunan di tiap Kecamatan di setiap tahun,” tuturnya

“Hadirnya gedung baru ini semoga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Lambar dan selalu memberikan pelayanan perbankan terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat,” terusnya 

Lanjutnya, Lampung Barat mempunyai tiga komitmen, yaitu menjadikan Kabupaten konservasi, literasi dan tangguh bencana. Jika BRI mempunyai dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau bantuan sosial agar, Parosil berharap agar BRI dapat membantu ketiga program tersebut, seperti membangun sudut baca di pekon-pekon atau bantuan bibit tanaman pohon untuk penghijauan. 

“Keberadaan BRI Cabang Liwa ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Lampung Barat, sebagaimana umumnya perbankan, BRI tentunya selalu memberikan berbagai pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Disamping itu juga BRI Cabang Liwa merupakan mitra Pemerintah Lampung Barat, terutama dalam pelaksanaan pembangunan dalam bidang ekonomi, hal ini menunjukkan bahwa BRI sebagai bank rakyat memiliki peran besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti dalam hal simpan pinjam dan transaksi perbankan lainnya,” tuturnya

Parosil juga berharap dengan momentum peresmian gedung baru kantor cabang BRI Liwa tersebut dijadikan wahana untuk lebih memasyarakatkan sarana perbankan dan sebagai media promosi mengenai berbagai pelayanan dan kemudahan yang dimiliki.

“Oleh karena itu saya menyambut baik dengan diresmikannya gedung baru BRI Kantor Cabang Liwa dan saya berharap kedepan BRI akan menjadi mitra masyarakat dalam pelaksanaan transaksi perbankan. Maka dengan dengan senantiasa mengharap ridho Allah SWT dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, gedung baru Kantor Cabang BRI Liwa Lampung Barat saya nyatakan diresmikan,” tutupnya.(*/mlo)



Pos terkait